Jokowi resmikan KA moderen Sulsel rintisan SYL

  • Whatsapp
KA moderan Sulsel diresmikan Jokowi (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kereta Api pertama di Sulsel di era moderen hari ini akan diresmikan Presiden Jokowi, Rabu (29/03).
Presiden bersama Ibu Iriana Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan sejak Rabu hingga Kamis, 29-30 Maret 2023.

Salah satu lokasi kunjungan Presiden Jokowi adalah Kabupaten Maros. Jokowi akan berkunjung ke Maros selama 2 hari dengan berbagai kegiatan.

Read More

Ada tiga kabupaten/kota yang menjadi lokasi kunjungan kerja Presiden Jokowi. Yakni di Kota Makassar, Kabupaten Maros, dan Kabupaten Luwu Timur. Di hari pertama kunjungan kerjanya di Sulsel, Presiden RI Jokowi mengunjungi Kabupaten Maros dan Kota Makassar.

Di Maros, ada beberapa titik yang dikunjungi Presiden Jokowi. Yakni, Pasar Tramo, Depo Kereta Api Maros sekaligus meresmikan jalur Kereta Api Makassar-Parepare.

Maros mendapatkan tiga stasiun yakni Stasiun Mandai, Stasiun Kota Maros dan Stasiun Rammang Rammang.

Proyek strategis nasional tersebut telah beroperasi yang menghubungkan Kabupaten Maros dan Barru sepanjang 80 kilometer.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi telah memastikan kesiapannya. Budi mengaku jalur yang dilintasi Kereta Api siap menawarkan keindahan alam, termasuk wisata karst Rammang-rammang.

Dirintis SYL

Kereta Api di Sulsel digagas pertama kali Gubernur Sulawesi Selatan H Syahrul Yasin Limpo pada 2014 lalu. Menurut SYL saat itu, Kereta Api ini merupakan impian masyarakat selama pulihan tahun yang lalu

SYL dalam kesempatan itu mengatakan Proyek ini merupakan jalan Kereta Api (KA) Trans Sulawesi tahap I (Makassar-Parepare) sepanjang 143 Km yang juga merupakan bagian awal dari pengembangan perkeretaapian Trans Sulawesi.

Target yang akan dibangun sepanjang 2.000 km dari Makassar ke Manado. Tujuan pembangunan ini adalah untuk menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sulawesi.

“Perwujudan sarana kereta api di daerahnya merupakan impian masyarakat daerahnya sejak puluhan tahun lalu,” ujar SYL saat itu.

Dia mengatakan, pembangunan sarana kereta api di daerah ini, tentu akan menjadi energi bagi wilayah di kawasan timur Indonesia.

Proyek awal pengadaan sarana transportasi kereta api ini, dilakukan untuk rute Kota Makassar-Kota Parepare sepanjang 146 kilometer dengan nilai anggaran mencapai Rp10 triliun.

 

Related posts