Pemkot Makassar dibantu Grup WIR kembangkan Platform Makassar Metaverse ‘Makaverse’

  • Whatsapp
Wakil Wali Kota Makassar Fatmawaty Rusid, Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Daniel Surya (WIR Group) dan Ketua DPRD Kota Makassar pada penandatanganan kerjasama Pemkot Makassar dan WIR Gorup terkait pengembangan Makassar Metaverse (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pemerintah Kota Makassar menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan WIR Group, perusahaan teknologi berbasis augmented reality terkemuka, untuk  mengembangkan platform Metaverse Kota Makassar atau disingkat ‘Makaverse’.

Kesepakatan pengembangan metaverse tersebut ditandatangani Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan Executive Chairman WIR Group Daniel Surya, Selasa (15/3) disaksikan Ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo dan wakil wali kota Makassar, Fatmawaty Rusdi.

Read More

Pengembangan platform metaverse adalah insiatif Pemkot Makassar dengan harapan dapat mengadopsi teknologi digital dengan menghadirkan realitas virtual yang nantinya dapat memberikan manfaat, khususnya bagi masyarakat Makassar dan Indonesia pada umumnya.

Saat ditanya awak media, Danny menyebut dengan kerja sama tersebut, Kota Makassar akan memiliki realitas virtual dan berharap nantinya masyarakat Kota Makassar dapat memanfaatkan kemajuan teknologi digital, sehingga akan memberikan nilai tambah, terutama bagi pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan bagi warganya.

“Platform metaverse memiliki potensi yang besar untuk masyarakat bisa berinteraksi, bekerja, belajar, dan berkarya,“  sebut Danny.

Pelakita.ID yang hadir pada penandantangan kerjasama tersebut memperoleh informasi dari Daniel bahwa kerja sama dengan Pemkot Makassar tersebut adalah bentuk komitmen pihaknya untuk ikut berkontrribus membangun kota-kota di Asia dalam mengembangkan platform metaverse seperti yang telah dikembangkan di kota-kota lain, di antaranya Jakarta, Bali, dan Ibu Kota Negara (IKN).

Dia juga menyebut Metaverse Kota Makassar mengadopsi nilai-nilai dan kearifan lokal serta  budaya bangsa.

Dia optimis bahwa pengembangan Metaverse Kota Makassar merupakan hal penting demi mengedepankan ekosistem untuk mendukung platform Metaverse Indonesia bahkan terkoneksi secara global.

Dia mengakui bahwa pembangunan Metaverse Indonesia butuh waktu dan tidak bisa secara serampangan. “Perlu bertahap sebab memiliki sangat kompleks,” ujarnya.

Siapa WIR Group?  Dia adalah salah satu peserta Metaverse Companies to Watch in 2022 versi majalah bisnis internasional Forbes GE dan disebut telah menandatangani kesepakatan kerja sama dengan sejumlah entitas dari berbagai sektor untuk ikut bergabung dalam ekosistem Metaverse Indonesia. Pengalamannya di luar negeri sebagai bagian dalam promosi produk dan kampanye-kampanye seperti Presiden Nigeria merupakan modal kuat.

WIR Group telah bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), Trisakti School of Multimedia, pengusaha properti hingga budaya dan kuliner (Museum Boga Indonesia).

WIR Group akan memperkenalkan prototipe Metaverse Indonesia yang dirancang dengan platform serta didukung oleh teknologi artificial intelligence (AI), virtual reality (VR), dan augmented reality (AR) kepada dunia internasional saat perhelatan Presidensi G-20 Indonesia 2022 di Bali.

 

Editor: K. Azis

Related posts