HBH Smansa 81, Langgengnya Solidaritas dan Kreativitas Alumni 60 Plus

  • Whatsapp
Halal bi Halal Smansa 81 di Kediaman Moh Ramdhan Pomanto (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

Danny Pomanto sebagai alumni dan anggota Dewan Pakar IKA berharap ada masjid ketiga yang bisa dibangun oleh alumni Smansa 81 dan dilengkapi dengan Yayasan. 

PELAKITA.ID – Jika membuka linimasa Ramadan yang diwartakan media ini, maka salah satu angkatan di SMA Negeri I Makassar yang aktif menggelar Amaliah Ramadan adalah Smansa 81.

Sila googling ‘Smansa 81 Ramadan Pelakita’ akan tersaji informasi kegiatan dan antusiasme mereka menyemarakkan kebersamaan di momentum Ramadan.

Read More

Smansa 81 menggelar buka puasa, berbagi kebahagiaan dengan anak panti, salat tarwih dan wajib secara berjamaah, menyesap makna Nuzulul Quran pada Ramadan 1445 H.

Hari ini,  Rabu, 17 April mereka menggelar Halal Bi Halal di kediaman Wali Kota Makassar yang juga alumni Smansa 81, Ir Moh Ramdhan Pomanto.

“Perayaan HBH ini sebagai rangkaian dari kegiatan-kegaitan sebelumnya. Ada sejumlah kegiatan yang kami gelar selama Ramadan, seperti buka puasa, berbagi dengan anak panti, hingga perayaan Nuzulul Quran,” kata Ketua IKA Smansa 81, Anis Anwar Makkatutu.

Anis menyebut, kebersamaan di Smansa 81 adalah kebersamaan yang indah dan luar biasa.

“Inisiatif selalu saja ada, alumni dan pengurus bahu membahu untuk terus berkegiatan. Ini yang menarik di angkatan kami,” ujar Guru Besar Fakultas Kedokteran Unhas itu.

Disebutkan Anis, semisal acara buka puasa.

“Buka puasa dan perayaan nuzulul quran di kediaman kami, lalu tidak berhenti di situ, digelar pula buka puasa dan salat berjamaah di tempatnya Ibu Fatimah Kalla, lalu ada berbagi dengan anak panti, dan hari ini kita gelar Halal Bi Halal di kediaman salah satu alumni kebanggaan kami,” ujarnya.

HBH IKA Smansa Makassar angkatan 1981 di Kediaman Moh Ramdhan Pomanto, Rabu, 17/4/2024.
Ibu Indira Yusuf Ismail bersama alumni Smansa 81 pada HBH IKA Smansa Makassar angkatan 1981 di Kediaman Moh Ramdhan Pomanto, Rabu, 17/4/2024.
Ibu Fatimah Kalla bersama sahabat alumni Smansa 81 pada HBH IKA Smansa Makassar angkatan 1981 di Kediaman Moh Ramdhan Pomanto, Rabu, 17/4/2024.

“Seperti yang kita lihat saat ini, nampak Ibu Fatimah Kalla, sahabat kita dari Surabaya Pak Darwis, ada akademisi kita Prof Said, pengusaha, pegawai negeri, ibu rumah tangga, bahkan hadir sahabat Nasrani ikut merayakan kebersamaan kita,” ujarnya.

“Ini yang terus kita rawat,” tambah Anis.

Menurutnya, modal kebersamaan yang langgeng di Smansa 81 adalah karena saling peduli, saling menghormati dan terus menumbuhkan insiatif.

“Usia boleh tua, status kita kakek-nenek, tapi kreativitas tidak boleh padam,” imbuhnya.

Dia mengaku terbantu karena sejumlah pengurus IKA Smansa 81 tetap kompak dan bekerja dengan sukarela. “Setelah Idul Fitri ini, kita akan menyiapkan acara Idul Qurban,” ucapnya.

Apa yang disampaikan Anis Makkatutu itu dibenarkan oleh Danny Pomanto, alumni Smansa 81 dari Kelas IPA.

Saat memberikan sambutan Danny menyebut sangat bersyukur karena semua perwakilan kelas hadir.

Dia memberi apresiasi ke ketua Anis Makkatutu sebagai penjaga kekompakan Smansa 81.

Dia memberikan apresiasi ke pengurus dan keluarga yang banyak membantu seperti Ibu Fatimah Kalla sebagai anggota dewan pakar, sekretaris Ahmad Habib, Ibu Ima, Ibu Selfi, Ibu Mastura, Ibu Tina, Pak Tahir.

“Ibu Ima pasti sibuk, tapi masih sempat hadir,” kata Danny kepada Fatiman Kalla yang tampil memukau dengan busana warna merah saat HBH.

“Dengan kebersamaan, inilah spirit kita untuk terus hidup dan berbuat bagi banyak orang,” kata Danny.

Danny pun mengajak peserta untuk mendoakan sahabat Smansa 81 yang telah meninggal dunia.

“Kita harus bersyukur, diberi kesempatan oleh Allah SWT, kesempatan ini adalah sesuatu yang mahal, selama kita masih bernapas, mari berbuat baik, wariskan nilai-nilai kebaikan untuk anak cucu kita,” ajaknya.

“Kita lihat pak Darwis muka bercahaya, terus nampak muda perlu ditanyakan apa resep dan serepnya,” ucapnya disambut gelak tawa.

Dia menyebut usia alumni Smansa 81 di atas 60. “Saya ini kelahiran 64, teman-teman saya banyak di atas saya,” kata dia.

Pengurus IKA Smansa 81 bersama Wali Kota Makassar dan pemenang kompetisi lagu religi (dok: Pelakita)
Wali Kota Makassar bersama alumni Smansa 81 pada HBH IKA Smansa Makassar angkatan 1981 di Kediaman Moh Ramdhan Pomanto, Rabu, 17/4/2024.
Ketua IKA Smansa 81 Anis Makkatutu bersama wali kota Makassar dan kolega Smansa 81 (dok: Pelakita.ID)

Darwis yang dimaksud adalah kolega Danny yang tinggal di Sidoarjo dan merupakan pengusaha asal Belawa Wajo.

Dia juga menyatakan harapannya agar silaturahmi keluarga, anak-anak dan cucu Smansa 81 bisa direkatkan.

“Barangkali akan bagus kalau ada acara bawa anak-anak kita, di agama dianjurkan, sahabat, ayah, dengan anak-anak kita harus dijalinkan silaturahmi. Anak-anak Smansa 81 harus dihimpun pada kegiatan yang memorable,” tambahnya.

“Karena generaasi berganti dan kehidupan akan berlangsung,” imbuhnya.

Acara yang juga diikuti pengurus pusat IKA Smansa Makassar seperti Ir Laksmiwaty, Anwar Rauf dan Kamaruddin Azis ini berlangsung hingga pukul 23.00 Wita.

Sebelumnya diisi ceramah agama oleh Kyai Sudirman, S.Ag, kompetisi lagu religi antar kelas dan foto bersama.

Sebagai MC acara HBH adalah Indri Wijaya, alumni SMAnSA’2011 yang juga juga MC saat pelaksanaan acara Dekade 1 pada 2021.

 

Editor: Denun

 

 

 

 

Related posts