Keluarga IKA Smansa 89 akan gelar pelatihan penyelenggaraan jenazah di Kampung Cedde

  • Whatsapp
Pelatihan penyelenggaraan jenazah oleh IKA Smansa 89 Makassar (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pernah membayangkan jika datang ke suatu tempat, lalu ada warga atau kolega muslim yang meninggal dunia? Kita ada di daerah itu, daerah tanpa masjid atau tanpa pengurus masjid yang paham tata cara pengerjaan jenazah menurut Islam?

Apakah kita mau berinisiatif jadi penyelenggara pengurusan jenazah secara Islami?

Read More

Sering kali kita mendengar saat ada warga meninggal, lalu ada yang berkomentar, serahkan saja pada pengurus masjid? Apa jadinya jika tidak ada lagi pengurus masjid karena pindah atau sudah tidak ada lagi yang mau menangani jenazah karena tidak paham?

Itu pula yang menjadi alasan mengapa Keluarga Besar IKA Smansa 89 Makassar akan menggelar pelatihan penyelenggaraan jenazah di Masjid Ar Rasyid 89 Makassar di Kampung Cedde, Kelurahan Bakung, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, pada 12 Juni 2021.

Pertimbangan mendasar dari kegiatan ini adalah bagaimana manifestasi seorang muslim yang kaffah dan punya pengetahuan dalam penyelenggaraan pengurusan jenazah..

“Kegiatan ini disiapkan dengan pertimbangan bahwa sebagai muslim, kita pun harus terampil atau setidaknya tahu praktik ibadah seperti penyelenggaraan jenazah ini, pada segala ketentuan dan aturan Islam,” kata Muhammad Jalaluddin, ketua pengurus Masjid Ar Rasyid Smansa 89 Makassar.

“Salah satunya adalah kita harus siap, paham dan terampil pada proses penyelenggaraan jenazah yang Islami, sesuai tuntunan Rasulullah dan dapat dijalankan oleh kita semua,. Seperti bagaimana memandikan, mengkafani,” jelas Jalaluddin.

Kegiatan ini mernurut Jalaluddin sebagai tanggung jawab sosial dan bentuk kepedulian alumni pada kegiatan-kegiatan keagamaan sebagai kerjasama Pengurus Masjid Ar Rasyid Smansa 89 Makassar bersama masyarakat Kampung Cedde, Pengurus Bidang Olahraga, Seni, Budaya, dan Kerohanian Pengurus IKA Smansa 89 dan PP IKA Smansa Makassar.

“Kegiatan ini bernama Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah. Silakan bagi sahabat SOSBOFI atau keluarga alumni yang ingin ikutserta atau berkontribusi pada pelatihan ini. Kita akan gelar bersama masyarakat di Kampung Cedde, Kelurahan Bakung,” terang ustadz Kurniawan Jaya, salah satu inisiator kegiatan ini.

Selain menggelar pelatihan penyelenggaraan jenazah Pengurus Masjid Ar Rasyid Smansa 89 Makassar juga telah menyiapkan rencana pemotongan hewan kurban pada bulan Juli di lokasi Masjid Ar Rasyid Smansa 89 Makassar, kepada alumni, keluarga dan masyarakat luas diundang untuk berpartisipasi. (KAS)

Related posts