Muh Sapri A Pamulu, Ketua IKATEK Unhas Terpilih: Karir, Legacy pada IKA dan Testimoni Kolega

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Transformasi kepemimpinan di Ikatan Keluarga Alumni Teknik Universitas Hasanuddin IKATEK Unhas berlangsung lancar.

Pada Munas yang digelar Jumat, 12 April 2024 alumnus Teknik Sipil Muhammad Sapri Andi Pamulu terpilih sebagai Ketua Umum IKATEK Unhas Periode 2024-2028.

Direktur Utama BUMN Indah Karya itu terpilih pada Munas yang digelar di Kampus Teknik Unhas Gowa.

Read More

Peserta berasal dari perwakilan dari IKA Jurusan se-Teknik, IKA Wilayah, dan Badan Otonom IKATEK Unhas.

Ketua Panitia Anwar Mattawape menyebut Munas berjalan lancar serta dinamis.

Suasana di lokasi pelaksanaan Munas IKATEK (dok: Amril Taufik Gobel)

“Alhamdulillah Munas berjalan dinamis karena semuanya punya visi yang sama untuk memajukan alumni Fakultas Teknik Unhas dan berkontribusi untuk pembangunan,” kata No’, sapaan akrab Anwar Mattawape dikutip dari Terkini.ID, 12/4/2024.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kampus, khususnya Dekan Fakultas Teknik Unhas yang sudah memberikan kita support yang luar biasa, baik akomodasi tempat Munas maupun konsumsi peserta,” tutur No’.

Dia juga mengapresiasi kepemimpinan Haedar A Karim, ketua IKATEK sebelumnya dan menyampaikan harapannya untuk ketua umum IKATEK Unhas terpilih.

“Harapan kami kepada ketua umum yang terpilih agar bisa melanjutkan dan meneruskan kepengurusan IKATEK Unhas agar lebih baik lagi ke depannya dan kebersamaannya lebih solid,” harapnya.

“Apa yang dicapai oleh kepengurusan Ketum sebelumnya Kak Haedar Karim standarnya sudah sangat baik dan sekarang tinggal diperluas lagi tingkat kebersamaannya,” kata dia.

Muh Sapri Andi Pamulu dikenal mudah membaur dengan alumni lintas fakultas di Jakarta, misalnya pada momen nonton bareng alumni (dok: Istimewa)

Profil dan Legacy Muhammad Sapri Pamulu

Seperti dikutip dari laman Blog-nya, Sapri lahir di Kota Watampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Ayahnya adalah Andi Pamulu Petta Rau bin La Mappajeppu bin I Kumala bin La Mallawangeng bin La Pamulu Daeng Parau.

Sementara ibunya bernama Andi Nurhayati Petta Tasa’ binti Lahemma Petta Mase bin Lampaco Petta Siga bin La Wahid Petta Bani bin La Pamulu Daeng Parau.

La Pamulu, We Lebbi dan La Bagenda adalah putra-putri dari Raja Bone ke-24 Sultan Muhammad Ismail Mukhtajuddin atau La Mappasessu To Appatunru Arung Palakka MatinroE di Laleng Bata dari istrinya Besse Langello Arung Bulo-Bulo Sinjai.

Sapri menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di kota kelahirannya, SDN 11 Watampone, SMPN 1 Watampone, dan SMAN 1 Watampone.

Selalu aktif pada kegiatan IKA Unhas, sejak dulu (dok: Istimewa)

Di Sekolah menengah yang terakhir ini, Sapri pernah mengemban amanah sebagai Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) pada tahun 1985-1986.

Selanjutnya, Sapri menempuh pendidikan tinggi sejak tahun 1987 di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (UNHAS), Makassar, Indonesia dan memperoleh gelar Sarjana Teknik (S.T) dalam bidang Teknik Sipil.

Skripsinye tentang Analisis dan Desain Struktur Menara Air Canonical Thin-Shell di bawah bimbingan bersama ITB dan UNHAS: Prof. Ir. M. Sahari Besari, M.Sc., Ph.D. dari Institut Teknologi Bandung (ITB) bersama Ir. Abdul Madjid Akkas, MT. dan Ir. Muhammad Ismail (UNHAS).

Selama di kampus, Sapri juga menjadi asisten tugas berbagai mata kuliah rekayasan struktur, ekonomi teknik dan manajemen konstruksi.

Di dunia kemahasiswaan, Sapri dikenal juga sebagai aktifis mahasiswa dan berkontribusi pada banyak legacy baik di Unhas maupun jejaring kemahasiswaan dan profesi.

Dia pernah memimpin berbagai organisasi kemahasiswaan, antara lain sebagai Sekertaris Umum Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) UNHAS.

Dia pernah sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UNHAS pada tahun 1990 – 1991, dan  Koordinator Umum Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil se Indonesia (FKMTSI).

Dia menggagas surat kabar mahasiswa “Channel 9″, dan mengelola divisi usaha atau periklanan penerbitan kampus “identitas”. Pengumuman hasil UMPTN yang pertama kali dimuat di “identitas” itu merupakan terobosannya.

Di “Channel 9″, Sapri didaulat menjadi Pemimpin Umum, Pemimpin Redaksi dan Pemimpin Perusahaan ketika edisi perdana dirilis.

Yang menarik dari koran kampus ini karena dapat terbit berwarna dan rutin dengan penghasilan terbesar dari iklan, sesuatu yang langka ketika itu.

Aktif membangun komunikasi dan kedekatan dengan alumni lintas fakultas di Unhas (dok: Pelakita.ID)

Pada Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA UNHAS), Sapri adalah Wakil Sekertaris Umum dalam Pengurus Pusat IKA UNHAS Periode 2017-2020, dan Sekertaris Dewan Pakar IKA Teknik Unhas Periode 2019-2024.

Sapri meraih gelar Master Engineering in Project Management (M.Eng.PM) di Victoria University, Melbourne, Australia.

Ketika kuliah S2 pada tahun 2002-2003, Sapri memperoleh penghargaan Project Management Award sebagai alumni terbaik sekaligus juga mahasiswa terbaik (best student) untuk program Master dari Victoria University.

Penghargaan akademik lainnya dari institusi yang sama, Sapri memperoleh medali dan piagam penghargaan atas nilai akademik tertinggi untuk 3 mata kuliah masternya; yaitu Major Project Award, CMR Consultant Award, dan Multiplex Construction Award.

Pendidikan akademis terakhir dan sekaligus tertinggi (S3) ditempuh sejak akhir tahun 2006 s.d. akhir tahun 2010, tammat dengan gelar Ph.D (Doktor) dari Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia.

Sapri memperoleh beasiswa langsung dari QUT yang ditawarkan sejak tahun 2004 ketika selesai di VU Melbourne.

Dari pendidikan terakhirnya ini, Sapri menulis buku tentang manajemen strategi dalam industri konstruksi yang merupakan hasil dari pengalaman risetnya tentang daya saing lestari dari perusahaan-perusahaan konstruksi besar baik nasional maupun internasional yang ada di Indonesia.

Dia lebih dikenal sebagai peneliti dan praktisi bisnis konstruksi.

Berbagai karya ilmiah dan hasil pemikiran lainnya tentang strategi korporasi dan bisnis.

Pada berbagai model bisnis dan financial di sektor industri infrastruktur, rekayasa dan konstruksi dapat diunduh di Google Scholar atau di Academia.

Bekerja di Jakarta

Sapri dan keluarga sejak tahun 2011 bermukim di Jakarta dan bekerja profesional penuh waktu sebagai Senior Specialist Manajemen Strategi di Wiratman & Associates (PT. Wiratman) Jakarta.

Di sana, Sapri bertanggungjawab atas pengelolaan Sistem Manajemen Strategi yang berbasis Balanced Scorecard (BSC), mulai dari perencanaan dan pemetaan strategi, eksekusi, sampai evaluasi kinerja dan pengendalian strategi perusahaan.

Di Wiratman, suami Rantih Isyrini Mappa yang merupakan alumni Kelautan Unhas 90 ini merintis pengembangan usaha Independent Power Producer (IPP) di sektor energi, dan PPP (Public-Private Partnership) atau KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) di sektor Infrastruktur.

Selain itu, tahun 2019-2021, Sapri juga merangkap sebagai Komisaris PT Geomarindex.

Perusahaan itu salah satu perusahaan dari Group Wiratman yang khusus melayani jasa pekerjaan Penginderaan dan Pemetaan (Topografi & Hidrografi), Penyelidikan dan Pengujian Tanah (Geoteknik) termasuk Laboratorium Mekanika Tanah yang terakreditasi KAN.

Sejak Pertengahan bulan Juni 2021, Sapri diangkat Erick Tohir -Menteri BUMN- sebagai Direktur Utama PT. Indah Karya (Persero).

Dekat dengan Pemda (dok: Pelakita.ID)

PT Indah Karya (Persero) adalah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang pada awalnya bergerak di bidang Konsultan Konstruksi dan Manajemen yang didirikan pada tanggal 29 Maret 1961.

PT Indah Karya (Persero) berkantor pusat di Bandung  dengan cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Di organisasi profesi, Sapri merupakan anggota ASCE (American Society of Civil Engineer) sejak tahun 2001.

Dia juga Pengurus Pusat PII (Persatuan Insinyur Indonesia) Periode 2015-2018 dengan membidangi advokasi dan fasilitator berbagai kegiatan keinsinyuran.

Termasuk Lokakarya Sertifikasi Insinyur Profesional dan program perlindungan Insinyur melalui professional indemnity / liability insurance (PII). Pada periode 2021-2024, Sapri dipercaya menjadi Wakil Sekertaris Jenderal (Wasekjen) V yang membidangi IABEE & LAM Teknik, LSKI, FIM & FPI.

Pada tahun 2013 lalu, Sapri mulai bergabung dengan partai politih sebagai wadah untuk berjuang, diawali di Partai NasDem (Nasional Demokrat) besutan Surya Paloh.

Pada akhir bulan juli 2018 lalu, Sapri diundang oleh partai PDIP Perjuangan untuk tampil mewakili kalangan akademisi Sulawesi Selatan dari Daerah Pemilihan (Dapil) II. untuk DPR RI bersama sejumlah Calon Anggota DPR RI Dapil Sulawesi Selatan I/II/II dari PDI Perjuangan.

Kiprah di IKA Unhas

Di kegiatan alumni UNHAS (Universitas Hasanuddin) Makassar sebagai almamaternya, Sapri adalah salah satu anggota Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) yang dipimpin Bapak Wakil Presiden RI, H.Muhammad Jusuf Kalla.

Selain Sapri aktif membantu Ikatan Alumni Teknik (IKATEK) Unhas  dalam pengembangan Wilayah dan Cabang di Seluruh Indonesia.

Mulau dari IKATEK Sumatera, IKATEK Kalimantan , IKATEK Jakarta-Banten &Jawa Barat, IKATEK Jawa Timur, Jawa Tengah & Yogyakarta, IKATEK Bali-Nusa Tenggara, IKATEK Sulawesi, serta IKATEK Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Dekat dengan IKA Fakultas lain, aktif kegiatan seperti buka puasa bersama (dok: Pelakita.ID)

Sapri juga mewakili IKA Unhas dalam berbagai kegiatan HIMPUNI, Himpunan Ikatan atau Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia terutama dalam membantu Presidium I Periode 2017/2018 bersama Ikatan Alumni ITB (Institut Teknologi Bandung), Ikatan Unsri (Universitas Sriwijaya(.

Dengan Keluarga Alumni UGM/Universitas Gajah Mada (KAGAMA), Himpunan Alumni IPB/Insititut Pertanian Bogor (HAIPB), IKA Unpad (Universitas Pajajaran), IKA ITS (Institut Teknologi Sepuluh November), IKA Unsoed , Keluarga Alumni Universitas Jember, IKA UNVP, UNM, UNIMED dan Perguruan tinggi lainnya.

Dengan track record seperti itu, rasanya banyak pihak sepakat jika kemudian sebagian besar Alumni Fakultas Teknik mendapuknya sebagai ketua IKATEK Unhas periode 2024-2029.

Ucapan Selamat

Saat mendengar terpilihnya Sapri Andi Pamulu, H. Ni’matullah RB, S.E.Ak, Alumnus FEB Unhas, kolega semasa pergerakan mahasiswa di Unhas memberi ucapan selamat.

“Selamat kepada Pak Sapri Andi Pamulu atas terpilihnya sebagai ketua IKATEK Unhas. Semoga sukses membawa organisasi sebagai wahana produktif alumni, berguna bagi alumni, pada sivitas akademika dan perbaikan nasib bangsa,” ucap Ulla saat ditermui di Kopizone, Jumat, 12/4/2024.

Ketua Harian IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan Harus Ar Rasyid memberi ucapan selamat.

“Selamat buat kanda Sapri Pamulu atas amanah dari IKATEK. Insya Allaah berkah. Aamiin,” sebut Harun alumni Fakultas Hukum Unhas angkatan 87.

Ketua IKA Geologi Unhas, Ir Sugianto Wahid menyampaikan selamat.

Sapri Andi Pamulu dikenal aktif membangun komunikasi dengan Pemda, Jejaring Alumni, private sector, perguruan tinggi dan organisasi masyarakat sipil (dok: Pelakita.ID)

“Selamat buat kanda Sapri Andi Pamulu atas terpilihnya sebagai ketua Ikatek unhas 2024 hingga 2028. Saya yakin dan percaya dengan kemampuan dan relasi yang dimiliki Kanda Sapri akan membawa Ikatek Unhas jauh lebih baik ke depannya,” ucap Sugianto.

Abdul Rahman Farisi, alumnus FE Unhas, ikut memberi selamat.

“Selamat Kak Sapri Andi Pamulu, IKA Unhas kini ada di tangan para tokoh Angkatan 80-an, Semoga makin berkibar,” sambut pria yang akrab disapa Boge ini.

Bagi Boge. Sapri Andi Pamulu dan Kakanda Hendra Noor Saleh FE Unhas. keduanya Ketua Umum Senat Mahasiswa  Fakuktas pada periode 80-an yang punya track record keorganisasian yang mumpuni.

Congrats Dinda Muhammad Sapri Pamulu, Ph.D sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni Teknik Universitas Hasanuddin Periode 2024 – 2028,” tambah Darwis Ahmad.

Ketua IKATEK Wilayah Kalimantan Timur, Dr Isradi Zainal tak ketinggal berit ucapan selamat.

“Selamat dan sukses atas terpilihnya Ir Muhammad Sapri Pamulu M.Eng, Ph.D sebagai ketum umum IKATEK Unhas peroode 2024 hingga 2028,” sebut alumni Perkapalan Unhas ini.

 

Editor: Denun

 

 

 

Related posts