Mengenal Sosok Prof Amar, Ketua IKA Unhas Wilayah Sulawesi Tengah

  • Whatsapp
Prof Amar, Ketua IKA Unhas Wilayah Sulawesi Tengah (dok: Tribun Timur)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Rektor Universitas Tadulako Prof Amar tepilih sebagai Ketua IKA Unhas Wilayah Sulawesi Tengah pada Musyawarah Wilayah Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin Sulawesi Tengah yang dirangkaikan Buka Bersama di Hotel Santika, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (24/3/2024).

Pada musyawarah wilayah itu, Prof Amar terpilih secara aklamasi.

“Selamat kepada Prof Amar, semoga ke depan bersinergi dengan PP IKA,” kata Ketua IKA Unhas Amran Sulaiman dari balik telepon sebagaimana dikutip dari laman Kabarika.ID.

Read More

Dinyatakan, Amran Sulaiman berharap ke depan IKA Unhas Wilayah Sulteng bersinergi dan bekerja sama dengan PP IKA Unhas dalam berbagai bidang.

Pelaksanaan musyawarah wilayah IKA Unhas wilayah Sulteng dibuka resmi oleh Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid.

Pada momen tersebut, Sekjen PP IKA Unhas Prof Yusran Jusuf, ikut menyampaikan sambutan, mewakili Ketua Umum.

Pelaksanaan muswil dan buka puasa dihadiri pula oleh Longki Djanggola. Gubernur Sulteng dua periode yang lolos ke DPR RI Pemilu 2024.

Turut hadir dari PP IKA Unhas Soewarno Sudirman, Irwan Ade Saputra dan Suwardi Thahir.

Latar Belakang Prof Amar

Prof Amar dilantik sebagai Rektor Untad pada Selasa (07/03/2023) untuk periode 2023 hingga 2027. Pelantikan Pejabat Kemendikbudristek bertempat di Gedung Kemendikbud, Jakarta.

Pelantikan oleh Ir. Suharti, M.A.,Ph.D selaku Sekretaris Jendral Kemendikbudristek yang disiarkan langsung melalui kanal youtube Kemendikbud RI.

Sebelumnya, Prof Amar adalah Wakil Rektor bidang Pengembangan dan Kerjasama selama kepemimpinan Prof Mahfudz.

Amar  terpilih menjadi Rektor Universtitas Tadulako usai meraup 77 suara.

Perolehan suara Prof Amar mengungguli dua pesaingnya, Prof Muhammad Khairil dan Dr Lutsyi Mahmudin.

Dia pernah menjadi Dekan Fakultas Teknik Untad tersebut merupakan alumni Pendidikan Ahli Teknik, disingkat PAT Untad era 1987 Program studi Pendidikan Ahli Teknik setara D3.

Usai menyelesaikan studi di PAT Untad, pria kelahiran Ujung Pandang 14 Juni 1968 itu melanjutkan pendidikan ke Universitas Sam Ratulangi Manado.

Selesai kuliah, Prof Amar menjadi dosen di Untad pada 1994 dan terangkat sebagai PNS 1995.

Prof Amar menyelesaikan program megisternya di Institut Teknologi Bandung dan meraih gelar doktor di Universitas Hasanuddin.

Selama mengabdikan diri di Untad, Ketua Persatuan Insinyur Indonesia itu pernah menjabat Sekretaris Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Untad Dekan Fakultas Teknik Untad dan Wakil Rektor IV Untad.

Prof Amar merupakan alumni SMAN 4 Palu.

 

Redaksi

Related posts