Sambut Maba 2021, Fakultas Hukum Unhas luncurkan Gerakan Bijak Bermedsos dan Anti Risak

  • Whatsapp
Penerimaan di Fakultas Hukum berlangsung di Baruga Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H, P2KMB dan dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. (dok: Humas FH Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Tahapan Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) Universitas Hasanuddin berlanjut ke tingkat Fakultas, termasuk di Fakultas Hukum Univeristas Hasanuddin.

Penerimaan di Fakultas Hukum berlangsung di Baruga Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H, P2KMB dan dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum mengucapkan selamat datang kepada semua mahasiswa baru Fakultas Hukum Unhas.

“Selamat datang anak-anakku sekalian di Fakultas Hukum Unhas. Kalian adalah orang-orang terpilih setelah berhasil bersaing mengalahkan banyaknya peminat di Fakultas Hukum Unhas dari tahun ke tahun,”sambut Guru Besar Hukum Agaria Universitas Hasanuddin ini.

Prof Farida juga membawakan materi pengenalan Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Dinyatakan bahwa dalam era pembelajaraan saat ini, kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi juga dielaborasi dengan kebijakan Kemendikbud Ristek terkait dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

“Terdapat berbagai tantangan yang akan hadapi oleh para mahasiswa ke depan, untuk itu diperlukan kreativitas dan keuletan masing-masing untuk dapat bersaing. Tentunya didukung dengan sistem pembalajaran secara akademik yang baik,” sebutnya.

Pada tahun ini Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin menerima 486 Mahasiswa Baru.

Informasi tersebut diungkapkan Dr. Muh. Hasrul, S.H., M.H. selaku Ketua Panitia P2KMB tingkat Fakultas yang juga merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kemitraan.

“Kita menerima mahasiswa dari berbagai jalur termasuk SNMPTN, SBMPTN, Jalur Mandiri, POSK, Jalur Ketua OSIS, Afirmasi dan Kelas Internasional. Total Mahasiswa baru prodi ilmu hukum 392 dan 94 orang untuk Prodi HAN,” jelas sosok yang akrab disapa Lulu ini.

Pada pembukaan P2KMB tingkat Fakultas di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin juga diluncurkan gerakan #bijakbermedsos #antibullying.

Menurut Dr Hasrul, ini didasari hasil riset tim panitia P2KMB FH UH 2021 bahwa fenomena cyberbullying masih menjadi persoalan bangsa Indonesia.

“Sehingga, perlunya ditanamkan pendidikan literasi digital bagi mahasiswa baru dan menghindari bentuk-bentuk perundungan yang jelas diatur dalam hukum di Indonesia sebagai sebuah kejahatan,” jelasnya.

Gerakan #bijakbermedsos #antibullying secara resmi diluncurkan oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas didampingi juga oleh Presiden BEM Fakultas Hukum Unhas beserta jajaran pimpinan Fakultas.

Peluncuran ditandai dengan pembentangan spanduk bertuliskan #bijakbermedsos #antibullying dan juga video launching yang disiapkan oleh Panitia P2KMB FHUH 2021.

 

Editor: K. Azis

Related posts