Danny Pomanto hadiri perayaan 110 Tahun Injil Masuk Toraja

  • Whatsapp
Danny Pomanto bersama peserta perayaan 110ThnIMT (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Danny Pomanto atang ke Toraja dan Toraja Utara untuk beberapa rangkaian kegiatan. Salah satunya menghadiri peringatan 110 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT) di Tongkonan Sangulele,  Toraja Utara, Rabu, (15/03/2023).

Kegiatan tersebut berlangsung meriah dan diikuti ribuan warga. Danny bersilaturahmi dengan BPS Gereja Toraja  dan panitia 110 Tahun Injil Masuk  Toraja (IMT).

Saat hadiri di peringatan 110 Tahun Injil Masuk Toraja (IMT), Danny dipakaikan Passapu dan selendang khusus khas Toraja.

Read More

Menurutnya, peringatan ini memberikan gambaran betapa ketaatan masyarakat Toraja yang luar biasa.

“110 tahun bukan umur yang singkat. Sebuah perjalanan yang panjang,” sebut Danny.

“Parade Syukur yang luar biasa dengan hadirnya ribuan orang, ini bentuk kecintaan umat gereja Toraja terhadap Injil Masuk Toraja,” sebutnya.

Ia pun menyampaikan bahwa momentum ini bisa meneguhkan kontribusi masyarakat Toraja  dalam membangun Toraja Utara, Toraja, provinsi dan Indonesia.

“Kami sangat dekat dengan semua masyarakat Toraja di Makassar. Bukan hanya dalam peribadatan saja tetapi juga bersama-sama menjaga lingkungan masyarakat agar hidup damai dan kondusif. Semua masalah sosial kami kerjasamakan,” ujar Danny.

Parade Syukur Wilayah 3 dan Wilayah 4 Gereja Toraja ialah rangakaian dari Kegiatan 110 Tahun IMT yang menghadirkan 22 Klasis Gereja Toraja lalu dilanjutkan esok hari hingga selesai dengan total 98 Klasis.

Pada parade Klassis ada yang membawa padi, jagung, umbian, sayur-mayur, hingga ikan. Beberapa mempersembahkan tarian, nyanyian dan seni budaya lainnya.

Aksi itu disambut riuh masyarakat yang menonton di sekitar tongkonan. Hadir pula persembahan tarian budaya khas Makassar, Gandrang Bulo.

Pertunjukan dipersembahkan Persekutuan Wanita Gereja Toraja, Persekutuan Pemuda Gereja Toraja Klasis Makassar.

Ada beberapa rangkaian dalam acara ini. Seperti adanya perlombaan, renovasi rumah bagi masyarakat kurang mampu, pelayanan pendidikan dan lainnya. Termasuk adanya pertunjukan seni-budaya lainnya.

Ke Sangngalla’

Setelah itu, Danny berkunjung ke objek wisata Sa’pak Bayo-bayo Sangngalla, di sana Danny silaturahmi dengan masyarakat Tana Toraja dan melakukan aksi tanam pohon. Dia juga berdiskusi dengan warga setempat tentang pengembangan lokasi wisata.

Pada malam harinya,  Danny Pomanto menghadiri dan melantik pengurus IKA Unhas Tana Toraja di  Kota Makale.

 

Related posts