Lebih dekat dengan Prodi Agrobisnis Perikanan, Ilmu Kelautan, dan Teknologi Hasil Perikanan Unhas

  • Whatsapp
Narasumber dan peserta pertemuan (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

Red Campus Talk #141: Kenal Dekat Prodi Agrobisnis Perikanan, Ilmu Kelautan, dan Teknologi Hasil Perikanan Unhas

PELAKITA.ID – Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan Red Campus Talk edisi #141 dengan tema “The Science of Fish and its Environment: Seputar Prodi Agrobisnis Perikanan, Ilmu Kelautan, dan Teknologi Hasil Perikanan”.

Read More

Kegiatan berlangsung pukul 16.00 Wita secara live melalui akun instagram @hasanuddin_univ, Senin (15/2).

Hadir sebagai narasumber yakni Dr. Sitti Fakhriyya G, S.Pi., M.Si (Kaprodi Agrobisnis Perikanan), Wasir Samad, S.Si., M.Si., Ph.D., (Sekretaris Dept. Ilmu Kelautan), dan Prof. Dr. Ir. Metusalach, M.Sc., (Kaprodi Teknologi Hasil Perikanan).

Ketiga narasumber secara bergantian menjelaskan tentang masing-masing profil prodi, keunggulan dan fasilitas, kerja sama antar instansi hingga prospek para alumni.

Mengawali kegiatan, Wasir Samad, S.Si., M.Si., Ph.D., menjelaskan tentang proses perkuliahan mahasiswa di Departemen llmu Kelautan. Beliau menceritakan bahwa tidak sedikit mahasiswa yang masih ragu memilih prodi di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, karena dengan alasan tidak memiliki kemampuan untuk berenang.

Beliau menegaskan bahwa mahasiswa di Prodi Ilmu Kelautan akan diperkenalkan dengan orientasi perkuliahan yang menuntut untuk melakukan observasi langsung  ke bawah laut. Namjn calon mahasiswa tidak perlu khawatir, karena semuanya akan dibimbing ketika semester awal perkuliahan.

“Bagi mahasiswa yang belum mahir berenang, nantinya akan beradaptasi dengan berbagai mata kuliah yang memiliki praktek lapang ke laut. Ini tentunya akan mendorong rasa keingintahuan yang tinggi dari mahasiswa untuk memiliki kemampuan dasar berenang. Jadi semuanya akan terfasilitasi di fakultas,” jelas Wasir Samad.

Sementara pada Prodi Teknologi Hasil Perikanan,  Prof. Metusalach menjelaskan bahwa prodi ini baru resmi menerima satu angkatan mahasiswa baru, sejak resmi  menjadi program studi di tahun 2021. Dimana sebelumnya hanya sebagai salah satu konsentrasi pilihan pada Prodi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan.

“Untuk calon mahasiswa baru yang nantinya lulus di prodi kami, maka mereka adalah angkatan kedua yang ikut bergabung. Jangan khawatir, ibarat sebuah industri, maka sebuah produk yang baru tentu merupakan produk dengan kuliatas terbaik. Untuk itu kami berdiri dengan visi untuk menjadi pusat unggulan teknologi hasil perikanan di Indonesia,” jelas Prof. Metusalach.

Lebih lanjut, Dr. Sitti Fakhriyya G, S.Pi., M.Si menjelaskan Prodi Agrobisnis Perikanan memiliki dua standar kompetensi yang diharapkan,

“Yakni kompetensi di bidang sosial yang diterapkan pada berbagai aktivitas penyuluhan perikanan, serta pada capaian kompetensi bidang ekonomi yang diharapkan para mahasiwa dapat memanfaatkan hasil budidaya perikanan untuk dilanjutkan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan,” jelasnya.

Red Campus Talk merupakan upaya memperkenalkan seluk-beluk program studi yang ada di Unhas. Program ini hadir dalam rangka membantu calon mahasiswa memutuskan pilihan program studi, kegiatan menampilkan paparan singkat yang dikemas secara populer dan kasual, namun informatif.

Talkshow dilakukan secara live (siaran langsung) pada Instagram resmi @hasanuddin_univ setiap hari berdasarkan jadwal. Tiap edisi mengenalkan program studi yang berbeda.

Edisi Red Campus Talk kali ini dipandu oleh Dhea (Student Volunteer Unhas) selaku host berlangsung lancar hingga pukul 17.00 Wita dan diikuti secara langsung oleh kurang lebih 100 follower instagram @hasanuddin_univ. (*/dhs)

Related posts