Dukung PIT, Sosialisasi Pelaksanaan PNBP Pasca Produksi Digelar di PPS Kendari

  • Whatsapp
Kalabuh PPS Kendari Syahril A.Rauf bersama para penerima penghargaan atas dukungan pada PMBP dan PIT di area kerja PPS Kendari (dok: PPS Kendari)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Dalam rangka mendukung pelaksanaan penangkapan ikan terukur, bertempat di ruang rapat PPS Kendari, telah dilaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan PNBP Pasca Produksi.

Kegiatan dihadir oleh berbagai pihak yang terkait seperti POLAIRUD POLDA Sultra, Satwas PSDKP Kendari, DKP Prov. Sultra, DKP Kota Kendari, Bank Indonesia Provinsi Sultra.

Hadir pula Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Kendari, DPD HNSI Sultra, perwakilan pemilik kapal perikanan yang berpangkalan di PPS Kendari.

Read More

Kegiatan dibuka oleh Kepala PPS Kendari, Syahril Abd Raup.

Syahril menyampaikan update Pelaksanaan PNBP Pasca Produksi dalam rangka mendukung Penangkapan Ikan Terukur (PIT) di PPS Kendari dan pelabuhan perikanan binaan.

“Saya menyampaikan kepada seluruh pihak agar memiliki pemahaman yang sama tentang kebijakan Perikana Ikan Terukur,” kata dia.

“Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, peningkatan industri perikanan dan kelestarian sumberdaya ikan perlu mendapat dukungan semua pihak agar bisa terlaksana dengan baik di lapangaa,” kata Syahril.

Dalam kesempatan ini, PPS Kendari juga turut mengundang perwakilan dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Kendari untuk mensosialisasikan terkait aspek perpajakan pada sektor usaha perikanan.

Selanjutnya materi terakhir disampaikan oleh Kepala Satwas PSDKP Kendari, Irmanto Lantele, S.Pi terkait Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur Melalui Pengawasan Berbasis teknologi.

Masih dalam rangkaian kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan PNBP Pasca Produksi, dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan kepada 3 orang pemiliki Kapal perikanan dengan sumbangan PNBP terbesar di tahun 2023.

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kepala Pelabuhan PPS Kendari untuk sebagai wujud terima kasih kepada pelaku usaha yang telah mendukung kebijakan PNBP Pasca Produksi dalam mendukung pelaksanaan penangkapan ikan terukur di PPS Kendari.

Tiga Unit Kapal yang memperoleh penghargaan yaitu KM. Hajar Indah dengan hasil tangkapan selama tahun 2023 sebanyak 70.484 Kg.

Lalu, KM. Riska Hidayah 03 sebanyak 69.785 Kg dan KM. Berkat Team sebanyak 67.574 Kg.

“Kita berharap, ke depannya seluruh kapal yang beroperasi dapat memperoleh hasil tangkapan yang melimpah dan semakin patuh dalam pelaporan data ikan hasil tangkapan,” kunci Syahril.

Redaksi

 

 

Related posts