Sosialisasi Penerapan PNBP Digelar PPS Kendari di PPI Wameo

  • Whatsapp
Sosialisasi penerapan PNBP digelar di PPI Wameo oleh PPS Kendari (dok: PPS Kendati)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Guna mendukung penerapan PNBP Pascaproduksi dan Penangkapan Ikan Terukur (PIT) telah dilaksanakan Koordinasi sekaligus sosialisasi PIT antara perwakilan PPS Kendari yang diwakili oleh syahbandar di PPI. Wameo, (Rabu, 20 Maret 2024).

Sosialisasi dilakukan kepada stakeholder terkait di antaranya perwakilan TNI AL Baubau, petugas PSDKP Willker Pasarwajo, dan perwakilan Polairud Pasarwajo.

PPI Wameo berlokasi di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara dimana pengelolaannya berada di bawah Dinas Kelautan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Read More

Setelah dilakukan koordinasi selanjutnya adalah melaksanakan sosialisasi PIT kepada para nelayan. Hanya sebagian kecil nelayan yang hadir karena beberapa sedang melaut.

Dalam sosialisasi tersebut dilakukan sesi diskusi antara syahbandar PPI Wameo dengan pemilik kapal terkait proses pengurusan dokumen dimana semua pengurusan mulai dari pengajuan sampai dengan terbitnya dokumen dilakukan secara online dan gratis.

Pada kesempatan terpisah Kepala PPS Kendari Syahril Abd. Raup menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mendorong kegiatan pendampingan perizinan bagi kapal penangkap ikan yang akan mengubah perizinannya menjadi izin pusat.

Pendampingan tersebut diharapkan akan mempermudah dan mempercepat proses penerbitan izin pusat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh bahwa potensi kapal yang melakukan migrasi di PPI Wameo sejumlah 13 kapal dimana 1 kapal berproses P2KP dan 5 kapal proses pengajuan SIUP dan sisanya masih menunggu kelengkapan dokumen.

Redaksi

Related posts