Membanggakan! Mahasiswa Unhas raih 28 juara pada level internasional

  • Whatsapp
Unhas kuat karena jejaring antara kampus dan alumninya. Beberapa alumni Ilmu Kelautan Unhas mengikuti acara Dies Natalis Unhas pada 2021, bukti kedekatan alumni dan kampusnya. (dok: K. Azis)

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin menyadari pentingnya peranan mahasiswa sebagai elemen utama perguruan tinggi.

Untuk itu, mahasiswa diberikan ruang dan kesempatan untuk mengekspresikan potensi diri, menunjukkan bakat dan kemampuan, untuk meraih prestasi setinggi mungkin, baik akademik maupun non-akademik.

Unhas merancang pembinaan bidang kemahasiswaan melalui fasilitasi dan dukungan untuk berprestasi pada berbagai bidang.

Read More

Direktur Komunikasi Unhas, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menjelaskan bahwa sepanjang tahun 2021, mahasiswa Unhas memperoleh prestasi pada berbagai kegiatan lomba, baik yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), maupun kegiatan lomba mandiri oleh institusi lainnya.

“Mahasiswa Unhas mencatatkan 321 medali kejuaraan dan lomba, dimana 129 medali atau 40.18% di antaranya merupakan juara pertama atau medali emas.  Jumlah mahasiswa Unhas yang terlibat pada kegiatan yang memperoleh juara dan medali mencapai 621 orang,” kata Suharman.

Cakupan lomba dan kejuaraan tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan level sebagai berikut:

Lomba/Kejuaraan tingkat Lokal, Unhas meraih 65 medali, yang melibatkan 77 mahasiswa. Sebanyak 33 medali (50.76%) diantaranya adalah juara pertama/medali emas.

Lomba/Kejuaraan tingkat Wilayah/Regional, Unhas meraih 8 medali, yang melibatkan 8 mahasiswa. Sebanyak 5 medali (62,5%) diantaranya adalah juara pertama/medali emas.

Lomba/Kejuaraan tingkat Nasional: Unhas meraih 220 medali, yang melibatkan 441 mahasiswa. Sebanyak 78 medali (35,45%) diantaranya merupakan juara pertama/medali emas.

Lomba/Kejuaraan tingkat Internasional, Unhas meraih 28 medali, yang melibatkan 95 mahasiswa. Sebanyak 13 medali (46,42%) diantaranya merupakan juara pertama/medali emas.

 

Wirausaha dan Beasiswa

Suharman menjelaskan bahwa selain prestasi dalam kompetisi, mahasiswa Unhas juga sangat antusias dalam mengikuti Program Mahasiswa Wirausaha, dimana sebanyak 1.121 orang mahasiswa dari 15 fakultas memperoleh pendanaan wirausaha dari beberapa skema anggaran, baik yang bersumber dari program Kemdikbudristek, dana internal Unhas, maupun lembaga non pemerintah dan yayasan-yayasan.

“Program Mahasiswa Wirausaha mendorong mahasiswa untuk mempersiapkan diri menjadi alumni yang tidak lagi mencari kerja, tetapi justru berpotensi menyiapkan lapangan pekerjaan,” kata Suharman.

Untuk mendukung proses pembelajaran berjalan baik, Unhas berupaya menghadirkan program beasiswa pendidikan dengan menggandeng berbagai mitra. Sepanjang tahun 2021, sebanyak 29% dari seluruh mahasiswa S1 Unhas tercatat sebagai penerima.

Angka ini setara dengan 8.963 mahasiswa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 5.380 adalah penerima beasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah, dan selebihnya menerima beasiswa hasil kerja sama Unhas dengan 24 lembaga donatur.

“Sebagai pengejewantahan semangat humaniversity, pada tahun 2021 Unhas juga memberikan bantuan Uang Kuliah Tunggal atau UKT kepada mahasiswa yang terdampak pandemi. Sebanyak 2.115 mahasiswa menerima bantuan ini dengan berbagai skema keringanan, mulai dari pengurangan hingga pembebasan UKT,” kata Suharman.

 

Penyiapan Karir dan MBKM

Untuk menyiapkan jalur karir calon lulusan, Unhas juga aktif menjembatani kebutuhan calon lulusan terhadap lapangan kerja setelah lulus. Penyiapan karir ini penting dilakukan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman praktikal sebelum terjun ke masyarakat luas termasuk ke dunia kerja.

Menyikapi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Unhas telah bekerjasama dengan FHCI (Forum Human Capital Indonesia), suatu forum sumber daya manusia Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seluruh Indonesia, yang menyelenggarakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Untuk tahun 2021, program yang berlangsung selama 1 semester (6 bulan) ini diikuti oleh 84 mahasiswa pada sejumlah BUMN.

Berkaitan dengan penyiapan karir bagi calon lulusan dan lulusan baru, bidang kemahasiswaan dan alumni Unhas melaksanakan 25 kegiatan yang melibatkan partisipasi sebanyak 12.524 mahasiswa.  Kegiatan-kegiatan tersebut adalah:

– Hasanuddin Career Program (sebanyak 4 kali),

– Unhas Career Expo (sebanyak 2 kali),

– Unhas Career Hiring (sebanyak 2 kali),

– Unhas Career Talk (sebanyak 7 kali),

– Unhas Career Clinic ( sebanyak 1 kali),

– Student Career Preparation (sebanyak 1 kali),

– Industrial Gathering (sebanyak 2 kali),

– Kelas Karir Unhas (sebanyak 1 kali).

“Puncak dari seluruh pencapaian bidang kemahasiswaan Unhas pada tahun 2021 adalah berhasilnya Unhas menduduki peringkat tujuh nasional pada Pekan Ilmiah Mahasiswa atau PIMNAS ke-34.  Pada ajang ini, Unhas meraih 4 medali emas, 8 medali perak, dan 2 medali perunggu,” kata Suharman.(*/ir)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *