Solidaritas SOSBOFI, dari gowes hingga ‘mopang’

  • Whatsapp
Rekreasi bahari alumni Smansa 89 Makassar (dok: Aji Raharjo)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Solidaritas di antara alumni Smansa Makassar angkatan 1989 atau SOSBOFI intens terbina pasca reuni akbar pertama mereka dalam tahun 2009.  Setelah reuni yang digelar di Hotel Pantai Gapura Makassar tersebut berbagai kegiatan digelar.

Jika membaca linimasa alumni, mereka bisa dilihat pada berbagai ajang kebersamaan akbar. Seperti pada saat Tenas IKA Smansa 2015 di Jakarta, Reuni Perak 25 tahun SOSBOFI di Malino dan terbaru sebelum pancemi COVID-19 merebak adalah Reuni 30 Tahun di Bali pada awal November 2019.

Read More

Kebersamaan tidak semata ditunjukkan pada ajang akbar tersebut tetapi juga pada beragam kegiatan sosial, keagamaan dan keolahragaan. Sebut saja aksi pembangunan masjid Ar Rasyid Smansa 89 di Kampung Cedde Biringkanaya, aksi tanam mangrove di Lantebung, hingga sharing pengalaman daring.

Belakangan ini yang intens adalah aksi futsal bahkan jadi panitia Liga Futsal IKA Smansa ke-2, grp bulutangkis, sepeda bareng (gowes) hingga yang terbaru rekreasi bahari yang digelar dengan aksi mandi laut bareng.

Menikmati pagi di tepi pantai Tanjung Bunga (dok: istimewa)

Foto kebersamaan mereka di pantai sekitar Tanjung Bunga dibagikan oleh salah satu alumni, Aji Raharjo.

Dia membagikan gambar rekan-rekan sekolahnya mandi laut, berendam di tepi pantai, bersama keluarga. Salah satu aksi mereka adalah foto bareng sembari merebahkan atau merapatkan badan ke hamparan pasir, atau ammopang dalam bahasa Makassar,

Hingga saat ini, komunitas gowes SOSBOFI atau biasa disebut goGOsS89 adalah yang paling banyak melibatkan alumni. Saat mereka menggelar gowes ke Pangkep, Pinrang dan Parepare, tidak kurang 30 peserta hadir dalam kegiatan ini.

Para peserta gowes saat bersantai di beran Teras Empang (dok: SOSBOFI)

“Yang utama itu demi menjaga kebersamaan, solidaritas dan yang pasti bersama menjaga imunitas di tengah pandemi,” kata Andi Nasrun Tahir, ketua umum alumni Smansa 89 Makassar yang aktif bersama alumni menggelar aksi olahraga.

Sosok yang akrab disapa Chilunk itu nampak hadir di Parepare, Pinrang dan Pangkep saat aksi goGOsS89. Dia juga kerap hadir pada aksi SOSBOFI pada Sabtu pagi, berekreasi bahari di pantai belakang Hotel Colonial Makassar.

Okemi!

Penulis: K. Azis

Related posts