Tawaran Komunitas 1001 Buku untuk Balla Barakka ri Galesong

  • Whatsapp
Suasana pertemuan antara anggota Komunitas 1001 Buku dan founder BBrG (dok: istimewa)

PELAKITA.ID – Taman Baca Diana yang terlokasi di dalam kompleks Balla Barakka ri Galesong (BBrG) mendapat kunjungan Komunitas 1001 Buku.

Selama berkunjung, komunitas ini berbagi pandangan dengan Prof Aminuddin Salle Karaeng Patoto yang merupakan founder BBrG. Mereka juga mengajak anak-anak ‘pelanggan’ taman baca untuk berbagi cerita dan inspirasi.

Read More

“Anggota komunitas rata-rata sarjana dan mahasiswa Unhas yang kebanyakan asal Kabupaten Takalar,” sebut Prof Aminuddin Salle Karaeng Patoto, 30/1/2021.

Menurut Karaeng Patoto, komunitas tersebut menawarkan kerjasama untuk membina anak-anak setempat, kelompok remaja, pemuda dalam bentuk diskusi buku, budaya dan pemberdayaan pemuda.

“Tentu saja kami dari pihak Yayasan Aminuddin Salle (ASCenter) yang membina masyarakat di sekitar Balla Barakkaka ri Galesong menyambut baik dan segera melaksanakan tawaran dari anak muda yang potensial ini,” ucapnya.

Balla Barakka ri Galesong atau Rumah Berkah di Galesong adalah pusat kebudayaan, pendidikan, sosial dan lingkungan yang dikelola oleh Yayasan Aminuddin Salle atau kerap disebut ASCenter.

Terkait tawaran Komunitas 1001 Buku itu, Karaeng Patoto menyebut bahwa  sejak beberapa tahun yang lalu, pihaknya telah berinisiatif membina anak-anak di ASCenter dalam bentuk taman baca, origami, dongeng, belajar sambil bermain.

“Itu bentuk bekerjasama kami dengan Rumata, Indonesia Future Leaders (IFL) hingga Komunitas Pantun,” terangnya.

“Kami mengantar anak-anak studi wisata budaya ke Benteng Rotterdam, Museum Makassar, Makam Sultan Hasanuddin, Balla’ Lompoa Galesong (pada waktu itu belum ada kegiatan di BBrG),” jelasnya lagi.

“Kami juga membawa anak binaan untuk wisata kebun di Bili-Bili, dan banyak kegiatan lainnya. Semoga pandemi ini cepat berlalu agar kami bisa bawa anak-anak binaan BBrG seperti yang kami lakukan di ASCenter Makassar, dan membawa mereka juga berwisata akademik ke Unhas, UNM dan kampus lainnya,” papar Guru Besar Fakultas Hukum Unhas ini. 

BBrG telah intensif mempromosikan sharing pengalaman, penguatan kapasitas masyarakat sekitar hingga konservasi lingkungan. Lokasinya di Desa Galesong Baru. Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar.

Lokasi BBrG dapat dijangkau dari Makassar via Poros Gowa – Takalar lalu berbelok di belokan Limbung – Galesong atau dari Poros Makassar via Barombong menyusur pesisir barat Gowa dan Takalar.

 

Editor: K. Azis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *