Persaudaraan Peranakan Tionghoa Makassar rayakan ‘Maudu Lompona P2TM’

  • Whatsapp
Suasana perayaan Maudu Lompoaoleh PPTM (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Persaudaraan Peranakan Tionghoa Makassar atau P2TM menggelar maulid Nabi Muhammad SAW di Makassar, 22/10/2022. Kegiatan tersebut disampaikan oleh anggota DKKM Makassar, Prof Aminuddin Salle kepada Pelakita.ID.

“Saya selaku Ketua Dewan Kebudayaan Kota Makassar (DKKM) bersama Hj Suryana A. Salle telah menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh PPTM,” jelasnya.

Prof Aminuddin diundang dan bersilaturahmi dengan beberapa kolega seperti Arwan Tkahyadi dan beberapa tokoh Tionghoa Makassar.

Read More

“Menurut beberapa orang teman yg turut hadir, kegiatan seperti ini dilakukan oleh keluarga kecil mereka masing-masing tetapi tahun ini dilakukan juga secara bersama dan meriah, makanya disebut Maudu Lompo,” ucapnya.

“Acara ini digagas oleh Baba’ Ir Arwan Tjahjadi dan koleganya. Arwan adalah anggota DKKM,” sebut tokoh Galesong yang akrab disapa Karaeng Patoto ini.

Hj Suryana Aminuddin Salle bersama kolega dari anggota PPTM pada perayaan Maudu Lompona PPTM (dok: istimewa)

“Ini agak unik karena dihadiri anggota P2TM yang Muslim, juga non Muslim ikut berbaur bersama dalam suasana yang akrab dengan semangat ke-Indonesiaan. Ibu-ibu yg hadir sebagian besar memakai busana kebaya khas Makassar-Tionghoa, dan berbahasa Makassar,” ungkap Karaeng Patoto.

Lazimnya Maudu Lompoa di kalangan warga Makassar (Mangkasara’), di sinipun, aneka hidangan disiapkan seperti telur hias,  ayam goreng, tumpi-tumpi hingga kaddo minynya’.

 

Editor: K. Azis

Related posts