MoU MK RI dan Desa-desa Konstitusi akan diteken di Balla Barakkaka ri Galesong, sejumlah menteri bakal hadir

  • Whatsapp
Pertemuan FH Unhas, BBrG dan MK Ri (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pendiri Ballla Barakkaka ri Galesong (BBrG), Prof H Aminuddin Salle Karaeng Patoto berbagi kabar membanggakan terkait posisi BBrG dan agenda penyebarluasan pesan-pesan atau amanat konstitusi di Indonesia. 

“Insya Allah tanggal 23 Oktober 2021, Ketua, Wakil Ketua, Sekjen MK, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Menteri Lingkungan Hidup dan lain-lainl akan berkunjung ke Balla’ Barakkaka RI Galesong. Alangkah elok kalau ananda dapat hadir bersama kami,” tulis Prof H. Aminuddin Salle Karaeng Patioto kepada Pelakita.ID.

Guru besar hukum agraria Fakultas Hukum Unhas itu juga mengabarkan kalau tanggal 24 September 2021 telah dilaksanakan Lokakarya di Mahkamah Konstitusi RI terkait rencana penandatanganan kesepahaman antara MK-RI – Desa Konstitusi tentang rencana aksi desa-desa konstitusi se-Indonesia.

Read More

“Rencana tersebut telah disiapkan dan akan ditandatangani di Balla’ Konstitusi Galesong, Kampung Adat dan Budaya Galesong oleh Ketua MK RI dengan Desa-desa Konstitusi Indonesia, disaksikan beberapa orang Menteri,” jelas Karaeng Patoto, 27/9/2021.

Persiapan tersebut telah dilaksanakan di Jakarta dan dan dihadiri Sekda Takalar, Kepala Kampung Adat dan Budaya Balla Barakka BBrG, Wakil Ketua Yayasan Aminuddin Salle Dr Buyung Romadoni  yang wakili Pemangku Adat Galesong.

Prof Aminuddin Salle menambahkan bahwa pada  Ahad 26 September 2021, telah pula dilaksanakan pertemuan persiapan di BBrG dan Balla’ Lompoa yang dihadiri antara lain Dekan Prof Farida Patittingi dan Wakil Dekan III FH UH Dr hasrul, Sekretaris Daerah Takalar Muhammad Hasbi, S.H, Kepala Kampung Adat dan Budaya Galesong, Ketua dan Wakil Ketua Yayasan Aminuddin Salle, Kepala Desa Galesong Kota serta Pemangku Adat Galesong.

“Insya Allah YM Ketua MK didampingi beberapa menteri akan meresmikan juga Balla’ Konstitusi yang terletak di Kampung Adat dan Budaya BBrG sebagai pusat penyebarluasan Ilmu Pengetahuan Konstitusi berdasarkan kearifan leluhur,” jelas Karaeng Patoto.

“Rumah Konstitusi ini akan dilengkapi peralatan canggih Smart Board sehingga pesan-pesan dan kuliah timbal balik dari MK, 51 perguruan tinggi dan 4 Desa Konstitusi di Indonesia dapat tersambung kan secara online. Sebagian besar peralatannya sudah siap, sisa menunggu instalasi,” ungkapnya.

Dr Buyung Romadoni kepada Pelakita.ID menjelaskan bahwa pertemuan tersebut selain dimaksudkan untuk mempertemukan dan menjelaskan misi Balla Barakaka ri Galesong, menjelaskan posisi desa-desa dan perlunya menyebarluaskan amanat Konstutusi hingga level terbawah, juga untuk mempersiapkan pelaksanaan penandatangan MoU nanti.

“Sejauh ini sudah ada penjelasan dari MK-RI bahwa akan digelar kegiatan seperti dimaksudkan dan digelar di Galesong, beberapa Menteri dijadwalkan ikut serta,” ucapnya.

 

Editor: K. Azis

Related posts