Resmi, DPP Golkar Tunjuk Andi Ina Kartika Sari untuk Maju Pilbup Barru

  • Whatsapp
Andi Ina Kartika Sari (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – “Bismillahirrahmanirrahim, hari ini di Kantor DPP Partai Golkar saya menerima surat perintah DPP Partai Golongan Karya Nomor : Sprin- 995 /DPP/GOLKAR/XI/2023 yang diserahkan langsung oleh Ketua Partai Golkar bapak Airlangga Hartarto,” sebut Andi Ina di laman Instagramnya.

Dia menyebut surat perintah itu tentang pemberian penugasan. “Mengamanahkan untuk berkontestasi sebagai Bakal Calon Bupati Kabupaten Barru pada Pilkada 2024 mendatang,” jelasnya.

Ina merespon dengan menyatakan, saya lahir dari rasa cinta mendalam terhadap daerah Barru, tempat dimana terpatri keyakinan bahwa bersama kita bisa mencapai hal-hal besar.

Read More

“Perubahan memerlukan persatuan dan kerjasama, saya yakin tidak akan berjalan sendirian, ada kita semua khususnya masyarakat Kabupaten Barru yang insya Allah akan berjuang bersama dalam perjalanan ini,” terang Ina.

Dia menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum Partai Golkar atas amanah yang diberikan,

“Insya Allah dengan tekad yang kuat saya menyatakan siap dan akan berupaya untuk ditetapkan seutuhnya sebagai Calon Kepala Daerah usungan oleh Partai Golkar,” katanya.

“Mohon do’a dan restunya, untuk Kabupaten Barru 2024,” ucap Ina.

Tentang Andi Ina Kartika Sari

 Andi Ina Kartika Sari, S.H, M.Si lahir 7 Mei 1975 adalah politisi perempuan Sulsel yang sejak 21 Oktober 2019 menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel periode 2019 – 2024.

Ia merupakan perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut. Ia menjadi satu dari tiga perempuan yang menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi di wilayah Sulawesi.

Andi Ina telah menjadi anggota DPRD Sulsel tiga periode sejak tahun 2009. Ia juga menjabat sebagai Ketua KPPG Sulawesi Selatan dan Bendahara DPD Tingkat I  Partai Golkar Sulawesi Selatan.

Dia merupakan putri dari politikus perempuan senior  Partai Golkar Sulsel Andi Tja Tjambolang. Ibunya pernah merupakan anggota DPRD Sulsel tiga periode pada masa Orde Baru.

Andi Ina menikah pada usia 28 tahun dengan Muhammad Yulianto Badwi dan dikaruniai 2 orang anak.

Sebelum terjun ke dunia politik, Andi Ina adalah seorang Notaris  pada Kantor Notaris/PPAT Ina Kartika Sari, S.H., di wilayah Kota Makassar.

Dia alumnus Fakultas Hukum Unhas. Saat ini sebagai Ketua IKA Smansa Makassar serta ketua Persaudaraan Haji Sulawesi Selatan.

Pelantikan Andi Ina sebagai Ketua  DPRD Sulawesi Selatan ditanggapi positif oleh beberapa pihak, terutama dari kalangan aktivis perempuan.

Dikutip dari laman Wiki, Putri Utami Muis, aktivis perempuan Sulsel mengharapkan hal tersebut akan mendorong peran perempuan dalam mengambil kebijakan pemerintahan yang sedang berjalan serta mengawal pelaksanaannya untuk memastikan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, secara khusus mendorong kemajuan demokrasi serta membuktikan bahwa perempuan mampu dan dapat diandalkan. Anggota Kaukus Parlemen Perempuan, Sugiarti Mangun Karim, berkeyakinan bahwa pelantikan Andi Ina sebagai Ketua DPRD Sulsel akan membawa perubahan, khususnya bagi institusi yang dipimpinnya, dan dapat mengangkat derajat kaum hawa.

Kebanggaan Masyarakat Barru

Andi Ina resmi menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel periode 2019-2024 didampingi oleh Syaharuddin Alrif dari  Nasdem, Darmawangsyah Muin dari Gerindra, Ni’matullah dari Demokrat, dan Muzayyin Alrif dari PKS.

Mereka dilantik pada 21 Oktober 2019.  Ia mencatatkan diri sebagai perempuan pertama yang berhasil menduduki posisi tersebut.

Bupati Barru, Suardi Saleh, turut hadir dalam pelantikan anggota DPRD Sulsel periode 2019-2024 menyampaikan bahwa penunjukan Andi Ina sebagai ketua DPRD Sulsel menjadi kebanggaan tersendiri bagi  Kabupaten Barru.

Hal tersebut dikarenakan Andi Ina merupakan putri daerah tersebut dan dipandang mampu memimpin sebuah lembaga pemerintahan ditingkat  Sulsel.

 

Redaksi

Related posts