Catatan DENUN: IKA Unhas Sulsel dan ole-ole dari Bumi Lasinrang dan Nene Mallomo

  • Whatsapp
Foto bersama Ketua IKA Unhas Sulsel Danny Pomanto, Bupati Sidrap Dollah Mando dan alumni Unhas di Sidrap (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Bersama Ketua IKA Unhas Sulsel, Danny Pomanto, penulis dan kawan-kawan pengurus berkunjung ke Bumi Lasinrang Pinrang dan Nene Mallomo Sidrap pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Perjalanan pagi nan gegas, tapi tim sudah siapkan songkolo dan bayao kannasa’
Pagi gegas, Hiace yang kami tumpangi ngegas!

Sosodara, banyak cerita terkait perjalanan, interaksi, perkopian, silaturahmi dan hikmah punya jejaring pertemanan alumni Unhas.

Read More

Ada beberapa yang sangat inspiratif seperti produk UMKM Pinrang, ngopi bareng Bupati Andi Iwan dan Danny Pomanto hingga cerita Cawiwi Bupati Dollah Mando. 

Penulis mencatat suasana riang gembira dan inspiratif dari tiga foto berikut yang lahir dari diaspora kedekatan, persahabatan dari saling terhubung selama bertahun-tahun dari profesi sebagai ‘fasilitator program’ pembangunan daerah.

Tiga foto ini mewakili pengalaman selama bekerja di Success Alliance USAID di rentang 2004-2005.

Penulis beruntung masih dikenali oleh sahabat alumni Agrokompleks Unhas Sukmawaty angkatan 1993.

Jika tak salah dia jebolah Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian Unhas.

Bersama Sukma, alumni Unhas yang pernah satu tim di SUCCESS Aliance mengurus kakao (dok: Pelakita.ID)

Sukma, kini ASN di salah satu dinas di Pinrang, di Dinas Ketahanan Pangan.

Lalu foto kedua sahabat mitra selama saya sebagai Provincial Project Officer untuk Japan International Cooperation Agency Sulawesi Selatan pada proyek Sulawesi Capacity Development Project.

Dia Abdul Hadi, saat ini sebagai Kabid di Bappeda Sidrap. Namanya sempat saya sebut saya bercerita kepada Bupati Dollah Mando terkait pengalaman kerja di Sidrap.

“Sudah berpuluh tahun di Bappeda, saat masih proyek JICA sampai sekatang,” kata Hadi dalam aksen Bugisnya nan khas. Dia pernah ke Jepang setahuku, untuk Young Leaders Program.

Dia salah satu alumni yang masih terhubung dengan kami setelah JICA CD Project selesai.

Abdul Hadi, alumni FISIP, ASN di Bappeda Sidrap (dok: Pelakita.ID)

Lalu foto ketiga, dengan Syahribulan Palemmai. Biasa disapa Kakak Sari.

Saya kenal saat dia mengerjakan proyek SIPS or something like that tentang pendampingan desa-desa di Sulsel untuk pengelolaan data desa dan sinergi perencanaan berbasis informasi.

Kala itu saya mengatasnamakan COMMIT Foundation, organisasi kami sebagai pelanjut JICA CD Project.

Dia kerja di proyek yang dibiayai oleh Australian AID, ACCESS. Terakhir bertemu dengannya di Takalar tahun 2014 kalau tidak salah.

Syahribulan Palemmai (dok: Pelakita.ID)

Begitulah, melalui IKA Unhas Sulawesi Selatan, kami bisa terhubung, merangkai kenanga, pengalaman, peluang pembangunan ke depan.

Tiga sosok dengan profesi dan pengalaman berbeda adalah gambaran betapa diaspora alumni Unhas sungguh kuat dan berkontribusi nyata di sejumlah area pengabdian. Tsah!

IKA Unhas Wilayah Sulsel dahsyat!, Unhas kuat!

 

Tamarunang,

Denun, 19/3/2023

 

Related posts