Danny dan Theo berbagi harapan, Zadrak: IKA Unhas Tana Toraja siap sinergi

  • Whatsapp
Ketua IKA Unhas Sulsel, Moh Ramdhan Pomanto bersama Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, Ketua IKA Unhas Tana Toraja Zadrak Tombeq dan pengurus IKA Unhas Sulsel dan Tana Toraja (dok: Pelakita.ID)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Wilayah Sulsel Ir Moh Ramdhan Pomanto memuji peran serta alumni Unhas yang datang dari berbagai disiplin ilmu, kompetensi dan telah berperan membangun Tana Toraja.

“Tana Toraja ini tak diragukan lagi. Jumlah alumni Unhas sangat banyak di sini,” sebut Danny sebelum melantik Pengurus Daerah IKA Unhas Kabupaten Tana Toraja periode 2023-2027 di Aula Dinas Pendidikan Tana Toraja, Rabu, 15/3/2023.

Menurut Danny, keterkenalan Toraja di berbagai bidang, prestasi dan keaktifan dalam konstalasi pembangunan daerah tak lepas dari dua sosok alumni Bupati Theofillus Allorerung dan Zadrak Tombeg.

Read More

“Potensi sumber daya alam melimpah, kaya potensi wisata, terkenal sejak lama, sangat strategis peran alumni Unhas di sini. Kehadiran Pak Zadrak sebagai ketua Unhas Tana Toraja tentu akan berkontribusi nyata untuk Tana Toraja,” jelas Danny.

Bupati Tana Toraja saat ini Theofilus Allorerung adalah alumni Fakultas Ekonomi Unhas sementara Zadrak adalah alumni Kedokteran Unhas.

Pujian Danny itu juga disampaikan langsung kepada Bupati Theofillus saat menikmati santap malam bersama sejumlah pengurus IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan.

Mereka nampak akrab dan serius berbincang disaksikan beberapa pengurus IKA Unhas lainnya.

IKA Unhas Tana Toraja

Danny dan tim IKA Unhas Sulsel ke Tana Toraja untuk melantik Wakil Bupati Tana Toraja Zadrak Tombeg sebagai ketua IKA Unhas Tana Toraja pasca Musyawarah Daerah Alumni Unhas pada pekan pertama bulan Maret 2023.

Tidak kurang 130 orang hadir pada malam pelantikan pengurus IKA Unhas Tana Toraja.

Pelantikan pengurus IKA Unhas Tana Toraja ini digelar di Aula Dinas Pendidikan Tana Toraja, Rabu (12/3/2023). Hadir Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung dan memberikan sambutan.

Beberapa poin penting yang disampaikan Danny adalah pentingnya kontribusi seorang alumni, sebagai katalisator pembangunan daerah.

“Untuk apa kita beralumni? Alumni ibarat buah dari sebuah pohon, pohonnya adalah almamater, alumninya buah dan akarnya adalah masyarakat,” ucapnya.

Ia meminta agar alumni IKA Unhas untuk saling membantu satu sama lain. Sehingga dampak positif yang bisa diberikan kepada masyarakat bisa lebih besar.

Bagi Danny alumni harus berada di lapisan tengah antara pemerintah dan masyarakat. “Sehingga hadirnya bisa memudahkan pemerintah melayani masyarakat,” ucapnya.

“Kita beralumni untuk saling membantu, kita bermanfaat bagi masyarakat. Alumni diharapkan untuk berada di tengah masyarakat, alumni harus berada di tengah pemerintahan. Itu semua untuk mewadahi masyarakat,” terangnya.

Dia juga menyebut kontribusi bisa diberikan dengan cara yang langsung dan tidak langsung. “Yang tidak langsung kita bantu Bapak Bupati, apa yang dibutuhkannya untuk masyarakat, kita bantu,” urai dia.

Harapan Bupati Tana Toraja

“Terima kasih pak Wali, jangan jemu-jemu hadir di Toraja. Mari kita terus berkolaborasi dalam mengemban amanah rakyat di Sulsel ini,” ucap Theo.

Dia pun menyebut pelantikan merupakan acara sakral apalagi pembentukan IKA Unhas Kabupaten Tana Toraja merupakan pertama di sana.

“Terima kasih pak ketua yang secara langsung melantik pengurus IKA Unhas Tana Toraja. Semoga pengurus yang ada benar menjalankan amanah dari tujuan pembentukan IKA Unhas ini,” harapnya.

Bupati Theo berpesan agar momentum ini menjadi sarana menyatakan kehadirannya di tengah masyarakat. “Memberi yang terbaik bagi masyarakat sehingga dampak terhadap almamater makin baik,” ucapnya.

“Kita yakin alumni Unhas memiliki kemampuan untuk itu,” tegasnya.

Saat yang sama dia mencontohkan, seperti dirinya yang alumni Unhas bidang Ekonomi justru bisa membangun Patung Yesus Buntu Burake.

Dia optimis kerja sama Pemda Tana Toraja dan IKA Unhas bisa berjalan. “Sudah pasti, otomatis. Secara tertulis maupun tidak tertulis pasti,” janjinya.

Harapan Ketua IKA Unhas Tana Toraja

Setelah dilantik, Ketua IKA Unhas Tana Toraja Zadrak Tombeg mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan. Dia menyebut pengukuhan pengurus IKA Unhas Tana Toraja ini merupakan perdana.

“Saya berharap dengan adanya IKA Unhas di Toraja dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat ke depannya,” ucapnya.

“Kehadiran IKA Unhas di Tana Toraja ini memang baru dibentuk. Tentunya kita berharap hadirnya dapat memberikan dinamika yang baik bagi masyarakat,” katanya.

“Saya bersama jajaran pengurus yang baru saja dilantik akan berupaya memberikan kontribusi terbaik,” katanya.

“Kami siap untuk bersinergi dengan pemerintah maupun pihak yang dapat memberi dampak baik bagi Tana Toraja,” ungkapnya.

Sebelum menutup sambutannya dia berharap IKA Unhas dapat membawa angin sejuk di tengah masyarakat.

“Menjadi kontributor yang dapat bersinergi dengan pemerintah atau siapa saja yang dapat membawa peningkatan bagi tanah Toraja ini,” pungkasnya.

Editor: K. Azis

 

Related posts