Fisip Unhas gelar kuliah tamu tentang etika media massa era digital

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universita Hasanuddin menyelenggarakan kuliah tamu dengan mengusung tema “Etika Media Massa di Era Digital”.

Kegiatan yang menghadirkan Prof. Dr. (H.C) Dahlan Iskan sebagai narasumber berlangsung di Aula Prof. Syukur Abdullah, Fisip Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, dan terhubung secara langsung melalui kanal youtube Fisip Unhas, Rabu (11/01)

Turut hadir Dekan Fisip Unhas Dr. Phil. Sukri, S.Ip., M.Si., beserta jajaran para wakil dekan, para Ketua Prodi, Dosen dan mahasiswa.

Mengawali kegiatan, Dekan Fisip Unhas Dr. Phil. Sukri, S.Ip., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasih atas kesempatan narasumber untuk berbagi informasi dan ilmu pengetahuan baru bagi sivitas akademika di Fisip Unhas.

Menurutnya, etika media massa diera digital saat ini sangat penting untuk didiskusikan bersama.

Dengan kehadiran narasumber dengan berbagai pengalaman luar biasa, beliau mengharapkan diskusi ini akan memberikan pengetahuan dan ilmu baru kepada seluruh sivitas akademika.

“Kegiatan ini menjadi salah satu bagian dari rangkaian dies natalis ke-62 Fisip Unhas. Seperti yang diketahui bersama, perkembangan digital telah merambah pada segala bidang kehidupan khususnya media massa,” sebut Sukri.

“Salah satu persoalan yang fundamental dalam dunia digital adalah etika, dengan informasi yang diberikan narasumber diharapkan akan menambah informasi baru bagi kita,” jelasnya.

Dalam kuliah tamu tersebut, Dahlan Iskan mengatakan konsep etika dalam dunia pekerjaan setidaknya mengandung beberapa unsur utama salah satunya adalah pekerjaan tersebut diabdikan untuk kepentingan umum dan pelaku pekerjaan mempunyai otonomi untuk melakukan atau tidak melakukan hal tersebut.

Dirinya mengatakan, etika secara umum bersumber dari dalam diri sendiri. Sehingga, proses penguatan diri diperlukan agar etika dapat berperan aktif dan mencegah anarkis.

Setelah penyampaian materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab dari para peserta.

Secara umum, kegiatan yang dipimpin oleh Dr. Muliadi Mau, M.Si., (Dosen Ilmu Komunikasi Unhas) selaku moderator diikuti kurang lebih 200 peserta baik online maupun luring tersebut berlangsung lancar. (*/mir)

Related posts