Dosen Unismuh Makassar manfaatkan halaman rumah dengan usaha hidroponik

  • Whatsapp
Muhammd Nadir di depan kebun hidroponiknya (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Muh Nadir Rasyid, S.P, M.Si, akademisi Universitas Muhammadiyah Makassar menyiasati suasana pandemi dengan berkebun sayur di rumahnya.

Dosen Agribisnis ini memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk usaha hidroponik. “Iya, untuk memanfaatkan waktu, apalagi selama ini lebih banyak mengajar daring, saya manfaatkan  pekarangan rumah yang kosong untuk bertani hidroponik,” katanya kepada Pelakita.ID, 5 Desember 2020.

Read More

Menurutnya, usaha hidroponik merupakan salah salah satu teknik bertani yang cocok untk masyarakat yang punya hobi bertani dan mengalami keterbatasan lahan.

“Bertani hidroponik dilakukan dengan menggunakan air nutrisi sebagai pengganti tanah. Di rumah kami tanam sayur-sayuran, ini jadi bahan konsumsi untuk rumah tangga kami,” kata ayah dua orang anak ini.

Bagi Nadir, berkebun hidroponik membuatnya banyak bergerak dan selalu bersemangat. Ada beberapa tanaman yang telah dicobanya seperti pakcoy, sawi hingga kangkung.

“Saya kira, bertani hidroponik di masa pandemi, salah satu cara untuk menaikkan  imunitas tubuh,” kata mahasiswa program Doktoral Agribisnis di Universitas Hasanuddin ini.

Sebagai dosen Agribisnis dan menggeluti usaha hidroponik, Nadir, telah beberapa kali menjadi narasumber kegiatan pengembangan usaha kelompok masyarakat, baik di Takalar, Makassar, Gowa maupun pada masyarakat Papua.

“Beberapa waktu lalu pernah jadi narasumber untuk pelatihan hidroponik bagi masyarakat pulau di Kabupaten Supiori, Papua. Para peserta kami bawa ke Unismuh untuk melihat praktik hidroponik yang baik,” tutupnya.

Editor: K. Azis

 

Related posts