Aklamasi, Azriani Bachry Pimpin Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia Kota Palopo

  • Whatsapp
Pengukuhan Ketua DPC PPDI Kota Palopo dan Ketua Dewan Pertimbangan DPC PPDI Kota Palopo oleh Korwil V DPD PPDI Provinsi Sulaweai Selatan mewakili Ketua DPD PPDI Provinsi Sulawesi Selatan, 9 Juni 2024 (dok: Ist8imewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Musyawarah CabangĀ  I DPC Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia atau PPDI Kota Palopo menetapkan secara aklamasi Azriani Bachry sebagai Ketua. Perempuan pertama di Sulael yang terpilih sebagai Ketua DPC PPDI.

MUSCAB I dilaksanakan 8 hingga 9 Juni 2024 di Aula Ratona Kantor Wali Kota Palopo, dengan mengangkat tema: Kesetaraan dan Kolaborasi menuju Kota Palopo yang Inklusi.

Kegiatan didihadiri oleh Pengurus DPC PPDI Kota Palopo, DPC Luwu Utara, DPC Luwu, dan penyandang disabilitas se-kota Palopo.

PJ Wali Kota Palopo diwakili Kepala Dinas Sosial Kota Palopo Zulkifli Halid, ST, M.Si, Kapolres Palopo diwakili Kasi Humas AKP Supriadi, Ketua DPD Provinsi Sulawesi Selatan Faluphy Mahmud beserta rombongan, Waki Ketua BAZNAS Palopo.

Hadir pula Pembantu Rektor IV Unanda DR. Abdul Rahman Nur, Ketua Eknas FORMASI Disabilitas Nur Syarif Ramadhan, Kepala Sentra Gau Mabaji Kemensos RI diwakili Syaiful, NGO dan tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Hari pertama telah diawali dengan talkshow Kolaborasi Pemenuhan Hak-hak Disabilitas dengan tema: Kolaboraai Menuju Palopo yang Inklusif.

Pada hari kedua, juga dilaksanakan Dialog Pilkada bersama KPU Kota Palopo dengan mengangkat tema Kolaborasi Menuju Pilkada yang Inklusif dan Aksesibel.

Setelah pelaksanaan dialog KPU, dilanjutkan agenda pemilihan Ketua DPC PPDI periode 2024-2029 yang menghasilkan keputusan secara aklamasi yaitu memilih Azriani Bachry sebagai Ketua DPC dan Kasmuddin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Cabang.

Dialog Pemenuhan Hak Politik Disabilitas Dalam Pilkada Kota Palopo (dok: Istimewa)

Ketua Panitia Munzir Randan menyampaikan rasa syukurnya atas kesuksesan Muscab I DPC PPDI Kota Palopo.

“Ahamdulillah berkat doa dan dukungan saudara-saudara semua, kita telah mampu menyukseskan Muscab ini, dan melewati banyak rintangan. Semoga ke depan, kita tetap solid, mari kita menata dan menatap masa depan cerah penyandang disabilitas yang ada di Kota Palopo,” ucap Mundzir.

Sementara itu Koordinator PPDI Luwu Raya, Basri Andang Gatta menyatakan hasil Muscab ini memilih perempuan sebagai ketua DPC PPDI telah menunjukkan adanya kesetaraan di internal PPDI sendiri.

“Dari semua DPC PPDI di Sulsel Ibu Azriyani adalah perempuan pertama yang menjabat ketua di Sulsel,” kata dia.

Dia menambahkan, dalam sejarah juga telah mencatat jika di Luwu Raya banyak perempuan pejuang yang tangguh, demikian juga di pergerakan disabilitas di Sulsel.

“Dari Tana Luwu memperlihatkan perempuan yang punya potensi dan kapasitas terpilih jadi memimpin. Dengan pemimpin perempuan di organisasi payung dari semua organisasi disabilitas yang siap memperjuangkan pemenuhan hak-hak disabilitas,” katanya.

Hanya saja, Basri menilai jika PPDI Palopo memang masih butuh penguatan kapasitas pengelolaan organisasi dan advokasi gerakan disabilitas.

Ketua DPD PPDI Sulawesi Selatan Faluphy Mahmud berharap PPDI tetap menjalin kerjasama dan kolaborasi yang baik dengan semua pihak.

“Alhamdulillah. Selamat mengemban amanah buat Ibu Azriani sebagai Ketua DPC Kota Palopo dan Bapak Kasmuddin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPC PPDI Kota Palopo,” ucapnya.

“Mari bangun kekerabatan dan silaturahmi dengan semua pihak, satukan teman-teman tanpa sekat. Perkuat komunikasi dengan kami di DPD Provinsi Sulsel. Dan segerakan untuk membuat formasi kepengurusan, agar segera diterbitkan SK kepengurusannya,” tutup Faluphy.

Redaksi

Related posts