Polairud Baharkam Tanam Mangrove di Kawasan Parialau Takalar

  • Whatsapp
Keluarga Baharkam POLRI menanam mangrove di pesisir laut Parialau Takalar (dok: Istimewa(

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Demi memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78, Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri menggelar bakti sosial dan konservasi lingkungan pesisir di Takalar, Selasa (04/06/2024).

Yang pertama adalah bantuan sosial sebanyak 2000 paket sembako yang diberikan ke masyarakat rentan.

Terdapat pula 850 masyarakat yang diberikan layanan kesehatan, meliputi pengobatan umum, konsultasi, perawatan, pemeriksaan mata, serta layanan laboratorium sederhana dan obat-obatan.

Yang kedua adalah penanaman mangrove sebanyak 500 pohon di Kawasan Pesisir Parialau, Kelurahan Takalar Lama, Kecamatan Mappakkassunggu, Selasa (04/06/2024).

Kakorpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Mohammad Yassin menegaskan bahwa kehadirannya demi menjaga kelestarian pesisir.

Dikatakan, pihaknya menamam mangrove, melalui seremonial hari ini untuk menjaga kawasan pesisir Parialau, Takalar.

Ditambahkan, penanaman mangrove yang bagus, bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik itu akan membuat blue carbon oksigen biru yang sehat untuk kehidupan manusia.

“Bukan itu saja, tetapi ekosistem dari pengalaman mangrove ini adalah bisa menjadi penahan erosi dan gelombang bisa menjadi benteng,” katanya.

Tak hanya itu, ditambahkan, mangrove bisa sumber makanan. “Mungkin masyarakat belum mengetahui bahwasanya tumbuhan mangrove bisa dibuat menjadi keripik, kerupuk bisa jadi sirup,” ungkapnya.

Redaksi

Related posts