Unhas Mewisuda 1.229 Orang Periode Maret 2024

  • Whatsapp
Selamat datang alumni baru Universitas Hasanuddin (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Wisuda Program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk Periode Wisuda Maret Tahun Akademik 2023/2024.

Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 Wita di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar dan terhubung melalui kanal youtobe Unhas, Kamis (28/03).

Turut hadir Rektor Unhas (Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc), Majelis Wali Amanat, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas, Ketua Senat Akademik beserta jajaran anggota komisi, dekan di lingkup Unhas dan para orangtua wisudawan.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga serta penghargaan kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Unhas. Dirinya menjelaskan Wisuda periode Maret 2024 dilaksanakan hanya satu sesi di pagi hari dengan total wisudawan sebanyak 1229 orang wisudawan. Terdiri dari 513 laki-laki (41,74%) dan 716 perempuan (58,26%).

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para orang tua, yang telah mempercayakan putra-putrinya kepada kami, dan menempuh pendidikan di Unhas. Saya juga ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan Unhas atas dedikasi dan komitmen dalam mendidik dan melayani mahasiswa hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya,” jelas Prof JJ.

Lebih lanjut, Prof JJ menambahkan Unhas secara rutin melakukan program monitoring dan evaluasi terhadap mahasiswa yang tidak menyelesaikan studi tepat waktu. Jumlah mahasiswa yang tidak menyelesaikan studi tepat waktu turun dari 12.169 menjadi 7.521 atau penurunan sebanyak 38,20%. Unhas juga telah menyesuaikan regulasi penyelenggaraan pendidikan dan sedang menyusun kurikulum baru untuk peningkatan kualitas pendidikan.

Dari sisi regulasi, kebijakan Kementerian Dikbudristek mengenai Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 telah menuntut Perguruan Tinggi untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian terhadap aturan tersebut.

Prof JJ mengatakan Unhas telah menyesuaikan regulasi penyelenggaraan untuk S1, S2, dan S3, termasuk bentuk tugas akhir mahasiswa yang kini tidak hanya terbatas pada Skripsi/Tesis/Disertasi. Akan tetapi, juga dapat berbentuk prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya yang sejenis. Penyelarasan kurikulum Vokasi, S2, S3 Profesi, dan Spesialis juga sedang dalam tahap penggodokan oleh Tim Pokja yang dibentuk oleh Rektor.

“Perlu kami sampaikan juga bahwa Unhas sedang fokus dalam program internasionalisasi untuk menjadi World Class University dan meningkatkan peringkatnya menuju QS 500. Salah satu strateginya adalah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa agar dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional,” tambah Prof JJ.

Pada awal tahun ini, Unhas juga menerima visitasi lapangan untuk akreditasi internasional ASIIN yang diikuti oleh 5 cluster program studi atau sebanyak 18 program studi yang berasal dari 8 Fakultas diantaranya MIPA, Farmasi, Ilmu kelautan dan perikanan, peternakan, Kehutanan, Kedokteran, Keperawatan, dan Pertanian. Ini adalah upaya agar baik proses pembelajaran maupun kualitas khususnya lulusan memiliki kompetensi yang berstandar internasional

Pada wisuda kali ini, jumlah wisudawan per jenjang pendidikan yakni Program Sarjana 820 orang, Program Spesialis 31 orang, Program Diploma 22 orang, Program Profesi 1 orang, Program Magister 319 orang dan Program Doktor 36 orang.

Sementara itu, untuk rata-rata IPK dan lama studi wisudawan periode Maret 2024 yakni :

– Program Sarjana : IPK 3,67 dengan masa studi 4 tahun 6 bulan
– Program Profesi : IPK 3,56 dengan masa studi 2 tahun 6 bulan
– Program Spesialis : IPK 3,86 dengan masa studi 4 tahun 3 bulan
– Program Magister : IPK 3,92 dengan masa studi 2 tahun 5 bulan
– Program Doktor : IPK 3,95 dengan masa studi 3 tahun 11 bulan
-Program Diploma 3 : IPK 3,69 dengan masa studi 2 tahun 10 bulan

Adapun jumlah lulusan pada masing-masing fakultas :
1. Fakultas Kehutanan : 38 orang
2. Fakultas Kesehatan Masyarakat : 75 orang
3. Fakultas Keperawatan : 24 orang
4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis : 151 orang
5. Fakultas Ilmu Budaya : 68 orang
6. Fakultas MIPA : 66 orang
7. Fakultas Teknik : 203 orang
8. Fakultas Kedokteran : 70 orang
9. Fakultas Kedokteran Gigi : 6 orang
10. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik : 120 orang
11. Fakultas Farmasi : 49 orang
12. Sekolah Pascasarjana : 45 orang
13. Fakultas Peternakan : 40 orang
14. Fakultas Hukum : 101 orang
15. Fakultas Pertanian : 116 orang
16. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan : 57 orang

Seluruh rangkaian proses wisuda berlangsung lancar dan hikmat, kegiatan berakhir pukul 12.00 Wita. (*)

Related posts