FIKP Unhas gelar yudisium periode November, Nur Aini dan Ummiyah terbaik

  • Whatsapp
Jajaran Dekanat FIKP Unhas saat menghadiri yudisium FIKP Unhas (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan  Unhas menggelar Yudisium Sarjana dan Pascasarjana Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas, Selasa (1/11/2022).

Pada acara yang berlangsung hikmat ini, hadir Dekan Fakultas, para Wakil Dekan Fakultas, ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi, para Ketua Departemen, para Ketua Program Studi, dosen, tenaga kependidikan, peserta yudisium  dan orangtua peserta yudisium.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian yudisium dan pelepasan lulusan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan periode November tahun akademik 2022/2023,” jelas Dr Ahmad Faisal, Wakil Dekan 3 FIKP Unhas.

Read More

Menurut sosok yang kerap disapa Ical ini, pada periode wisuda november Tahun Akademik 2022/2023 FIKP meyudisium 41 peserta.

“Mereka terdiri dari  limabelas orang Prodi Studi Ilmu Kelautan, tujuh Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, delapan dari Prodi Budidaya Perairan, tujuh dari Prodi Agribisnis Perikanan dan empat orang dari Prodi Magister Ilmu Perikanan,” terang Ical.

“Kali ini mahasiswa terbaik tingkat Fakultas atas nama Nur Aini dari Program Studi Agribisnis Perikanan tingkat sarjana dan Ummiya Musdalifa Usman sebagai mahasiswa terbaik lulusan pascasarjana,” tambahnya.

“Nur Aini mendapat IPK 3.71 dengan masa studi 4 tahun 1 bulan sementara untuk Magister,  Ummiyah dengan IPK  3.94 masa studi 2 tahub 2 bulan,” sebutnya.

Dr Ical menyebut prosesi yudisium berjalan dengan hikmat dengan pembacaan dan penyerahan berita acara kelulusan kepada setiap peserta,  sebagai simbol bahwa peserta sudah mendapatkan gelar sarjana dan magister.

Muhammad Idris, wakil orang tua alumni mengucapkan terima kasih dan kebanggaannya pada para dosen dan tenaga kependidikan atas selesainya pendidikan anaknya dan atas terlaksananya yudisium ini.

Suasana pelaksanaan yudisium FIKP Unhas 2022 (dok: istimewa)

“Terima kasih atas jerih payah para dosen dan tenaga pendidikan FIKP atas selesainya anak-anak kami yang di yudisium kali ini. Kami juga berpesan kepada peserta  bahwa hari ini merupakan tonggak awal untuk berkarya pada berbagai bidang ke depannya,” ucapnya.

Sementara yudisium terbaik Nur Aini, mewakili peserta lainnya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan dosen, pelayanan pimpinan fakultas dan departemen serta tenaga kependidikan.

“Terima kasih karena kami dapat menyelesaikan studi tepat waktu, seperti di mimpi kami ketika menjadi mahasiswa baru.,” ucapnya.

Dia juga  berpesan untuk diri sendiri dan peserta lainnya untuk bermimpi setinggi tingginya karena dengan mimpi tinggi kita akan terus berusaha untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut.

Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan ; Safruddin, S.Pi. MP. Ph.D dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal antara lain; saat ini di era industri 4.0 yang juga dikenal dengan era disrupsi akan banyak jenis lapangan kerja yang menghilang dan banyak lapangan kerja baru yang muncul.

“Para mahasiswa dan alumni harus siap dengan kapasitas yang mumpuni. Pendidikan S1 adalah sebuah proses untuk belajar mengembangkan diri dan wawasan melalui program akademik dan kemahasiswaan.,” pesannya..

“Bahkan dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi ajang mendapatkan pengetahuan tambahkan di luar kampus, sebagai contoh tahun 2022 ini ada belasan mahasiswa FIKP yang mengikuti outbound di universitas luar seperti di Tokyo University of Marine Science and Technology (TUMSAT), di Akuatrop Univeristi Trengganu Malaysia (UMT) dan lainnya melalui Program SUIJI di beberapa universitas di Jepang.

Dekan FIKP menegaskan untuk mendukung kegiatan akademik, FIKP terus berbenah memperbaiki sarana dan prasrana kampus, laboratorium dan juga pengadaan kapal riset.

Acara ditutup dengan penyerahan nama-nama alumni oleh Ketua Departemen Ilmu Kelautan Dr, Khairul Amri, ST. M.Sc dan Ketua Departemen Ilmu Perikanan Dr. Fahrul, S.Pi. MP kepada Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Sumberdaya Manusia dan Alumni.

 

Editor: K. Azis

Related posts