FEB Unhas Tuan Rumah Management Breakthrough and Doctoral Journery IX 2021

  • Whatsapp
Dr Anas Makkatutu pada seminar Ekraf DEKADE 1 Smansa Makassar (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin dan Aliansi Program Doktor Manajemen Indonesia (APDMI) menyelenggarakan Management Breakthrough and Doctoral Journery IX 2021, Doctoral Colloquium and Seminar bertemakan “Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi Melalui Inovasi dan Kolaborasi”.

Kegiatan berlangsung selama dua hari. Acara pembukaan berlangsung pada Jumat (17/12), dilanjutkan dengan sesi seminar pada Sabtu (18/12) secara hybrid di Aula Prof. Dr. Latanro, Gedung Pascasarjana FEB, Kampus Unhas Tamalanrea. Kegiatan juga terhubung melalui aplikasi zoom meeting.

Sesi seminar menghadirkan tiga narasumber ahli, yakni:

1. Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., ( Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi RI)
2. Prof. Ari Kuncoro, SE., MA., Ph.D., (Rektor Universitas Indonesia)
3. Prof. T. Basaruddin, Ph.D., (Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT)

Kegiatan ini merupakan program rutin yang diikuti oleh universitas se-Indonesia, yang mengundang mahasiswa program doktor di seluruh Indonesia untuk mengirimkan extended abstract proposal atau hasil disertasi di bidang manajemen.

Dr. Anas Iswanto Anwar, SE., MA., CWM., selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kolokium merupakan salah satu tahapan yang seharusnya ditempuh oleh para mahasiswa yang akan menyelesaikan studi doktoral.

Menurutnya, melalui kolokium tersebut menjadi langkah awal untuk mendapatkan tambahan pengetahuan maupun arahan terhadap disertasi yang akan ditulis.

“Karena kegiatan ini diselenggarakan oleh APDMI yang beranggotakan 39 Prodi Manajemen se-Indonesia, maka tentu cakupan terhadap penilaian akan lebih luas. Para mahasiswa akan bertemu reviewer dari berbagai universitas untuk penyempurnaan proposal disertasinya, sehingga akan mengarahkan penyusunan disertasi menjadi lebih sempurna,” jelas Dr. Anas.

Management Breakthrough & Doctoral Journery IX 2021 diikuti oleh 140 peserta, dihadiri juga oleh 33 reviewer dari 19 universitas.

Mahasiswa sebagai peserta kolokium diberikan kesempatan melakukan presentasi untuk mendapatkan tanggapan dan saran dari para reviewer yang telah ditempatkan berdasarkan masing-masing konsentrasi Prodi Manajemen, di antaranya Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Pemasaran.

Lebih lanjut, Dr. Anas Iswanto Anwar menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa program doktor yang tengah melakukan persiapan penulisan hasil penelitian disertasi.

Beliau menuturkan bahwa dengan mengikuti kolokium tersebut maka mahasiswa akan mendapatkan wawasan yang lebih luas.

“Sangat diharapkan kualitas penyusunan disertasi dapat diselesaikan dengan sempurna guna melanjutkan publikasi ilmiah di jurnal internasional yang bereputasi,” tandasnya. (*/dhs).

Related posts