Ikan laut hasil persilangan yang tak disengaja, seperti apa tampilannya?

  • Whatsapp
Ikan aneh hasil persilangan tak disengaja (sumber: Káldy Et Al., Genes 2020, 11(7), 753; Https://Doi.Org/10.3390/Genes11070753 (Cc By))

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Anda mungkin sudah pernah mendengar hewan hasil persilangan seperti ‘Mule’— persilangan antara kuda betina dan keledai jantan — atau Liger — turunan harimau betina dan singa jantan.

Nah, sekarang sebagaimana dikutip dari The New York Times, dilaporkan bahwa para ilmuwan Hungaria telah secara tak sengaja mendapatkan hasil persilangan hewan laut baru.

Read More

Itu terjadi ketika sperma dari ikan paddlefish Amerika (Polyodon spathula) dan sel telur dari sturgeon Rusia ((Acipenser gueldenstaedtii) tercampur secara tidak sengaja di salah satu laboratorium.

Seperti apa ikannya? Ikannya unik dan diberi nama “Ikan Sturddle” yang oleh banyak pihak terutama netizen, keberadaan hibrida ini tampaknya sangat tidak mungkin. Kenapa? Sebab kedua spesies induknya memiliki nenek moyang yang sama lebih dari 184 juta tahun yang lalu. Kenyataan ini hampir dua kali lipat waktu antara manusia dan tikus.

Penampakan ikan sturddle sebagai cerminan tipikal induknya yang karnivora, pun beberapa aspek lainnya yang memiliki versi yang lebih kecil. Demikian pula moncongnya yang memanjang dari induk jantan mereka yang menyaring makanan.

Terkait itu semua dapat dilihat pada laporan pada peneliti melalui jurnal ‘Genes’. Mereka menganggap ikan ini murni atau steril, seperti banyak hibrida buatan manusia lainnya, dan tidak berencana untuk memunculkannya atau membuatnya lagi.

Sumber: https://www.sciencemag.org/news/2020/07/scientists-accidentally-create-unlikely-fish-hybrid?fbclid=IwAR1jQ5-5SrTU8-Ag2tSx_E4ETHN7t4UMFURDVQaZTkMzxvi9HcABW4PrhJ8

 

 

Related posts