Pramuka Unhas kirim relawan dan bantuan logistik ke Masamba

  • Whatsapp
Pramuka Unhas bahu membahu dengan pihak lain menangani dampak bencana Masamba (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Gerakan Pramuka Universitas Hasanuddin ambil bagian dalam membantu masyarakat terdampak bencana banjir bandang di daerah Masamba, Kabupaten Luwu Utara.

Tim relawan yang tergabung dalam Unit Pramuka Peduli Unhas membawa bantuan logistik ke lokasi bencana, dan terlibat membantu proses evakuasi korban. Tim relawan berangkat bersama Badan SAR Nasional (Basarnas) Makassar telah berada di lokasi bencana sejak Rabu (15/07).

Read More

Dalam wawancara pada Minggu (19/7), Ketua Dewan Racana Putri Hasanuddin, Nur Amelinda, menuturkan bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian Pramuka Unhas terhadap musibah yang terjadi di Masamba. Apalagi, skala bencana alam ini relatif besar dan berdampak sangat luas bagi masyarakat.

“Kami terpanggil untuk turut serta membantu masyarakat disana. Kondisi wilayah sangat memprihatinkan, masyarakat membutuhkan bantuan, baik tenaga maupun kebutuhan dasar. Kami membantu sebisa dan semampu kami, agar masyarakat dapat bangkit kembali. Ini adalah perwujudan dasa darma kedua, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” jelas Nur.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Gugus Depan Unhas, Dr. Muh. Tamar, M.Psi., menambahkan bahwa selain memobilisasi tim relawan, Pramuka Unhas juga mengirimkan bantuan logistik.

Kebutuhan masyarakat seperti selimut, pakaian, makanan, minuman, perlengkapan mandi, perlengkapan bayi dan beberapa bantuan lainnya diperoleh dari donasi keluarga besar Pramuka Unhas, instansi swasta dan masyarakat umum.

“Insya Allah bantuan ini akan disalurkan langsung di lokasi bencana pada Senin, 21 Juli 2020 oleh peserta didik Gerakan Pramuka Universitas Hasanuddin. Ini keterlibatan yang kesekian kalinya di daerah bencana oleh tim pramuka Unhas,” jelas Tamar.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., sekaligus Ketua Harian Majelis Pembimbing Gugus Depan menuturkan kegiatan pramuka Unhas merupakan wujud tridharma Perguruan Tinggi utamanya pengabdian kepada masyarakat sekaligus wujud pengaplikasian dasa darma gerakan pramuka.

Dalam kesempatan tersebut, pramuka Unhas mengutus tujuh relawan yang terdiri dari empat putra dan tiga putri. Setelah sampai dilokasi mereka kemudian melakukan briefing dan membantu tim Basarnas dan relawan lainnya.(*/mir)

Related posts