Inspirasi Alumni:  Taruna Pejuang dari Jagung Bakar 53 Makassar

  • Whatsapp
Sejumlah perwakilan alumni per angkatan, yang mana yang anda teman sekolah anda? (dok: Istimnewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Ini tojeng nah, ndak balle, murni pengalaman penulis. Kala itu, masih duduk di bangku kelas I di SMA Negeri I Makassar tahun 1986.

Beberapa kali menyaksikan momen ketika sejumlah anak muda berpakaian layaknya taruna sekolah militer melintas di halaman sekolah dan menyambangi ruang guru dan bahkan masuk kelas.

Penulis memandang takjub dari teras gantung lantai tiga – kebetulan saat itu menghuni kelas paling ujung barat sisi selatan, mereka yang berombongan itu nampak gagah, jalan tegak, atletis.

Read More

“Taruna itu, Akabri,” kata Syafaat, teman di 1 netral 11.

Ya, mereka adalah kakak-kakak senior, mungkin saja angkatan 84 85 atau 86 yang datang ke sekolah untuk memotivasi adik-adiknya agar mendaftar taruna.

Itu kerap dilakukan saban tahun. Penulis sempat kepikiran untuk juga mendaftar Akmil Laut meski tak kesampaian,

Kodonge!


***

Sahabat alumni Smansa Makassar, penulis ingin berbagi kesan, kisah, tentang fenomena kemunculan bintang gemintang di pendulum waktu para alumni yang meninggalkan gerbang sekolah di Jalan Gunung Bawakaraeng 53, Jagung Bakar 53 (dulu 35)!

Begini.

Pagi tadi, Jumat, 12 Desember 2023, Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Smansa Makassar Andi Ina Kartika Sari mengungkapkan rasa bangga dan kagum atas pencapaian sejumlah alumni Smansa terutama dari jalur militer dan kepolisian.

Kepada Pelakita.ID, dia berucap bersyukur atas terpilihnya Irjen Pol Andi Rian Djajadi sebagai Kapolda Sulsel yang mendapat mandat pekan ini.

“Ini artinya, ada kepercayaan dari Negara, dari Kapolri bahwa kanda Irjen Pol Andi Rian dianggap cakap menjad penegak ketertiban dan keamanan di Sulsel,” ucap Andi Ina, Jumat, 8/12/2023.

Dia juga menambahkan, beberapa waktu lalu mendapat kabar kalau Komandan Sektor 2 Makassar, Marsekal Muda Dedy Ilham Suryanto Salam adalah juga alumni SMA Negeri I Makassar.

“Jadi bulan ini dua jenderal dari Smansa Makassar dapat promosi,” ungkapnya.

“Saya bertemu Pak Dankosek II Marsma Dedy Ilham saat serah terima jabatan beberapa waktu lalu, beliau alumni Smansa Makassar 92 juga,” ucap Ina.

“Jadi luar biasa memang pencapaian kanda-kanda kita ini. Sebelumnya ada Marsma Dedy Ilham, kini kanda Irjen Pol Andi Rian Dajadi, sebagai Kapolda Sulsel,” katanya.

Jadi panutan

Menurut Andi Ina yang juga ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan ini, ,munculnya nama-nama tenar dan menginspirasi dari jajaran alumni Smansa Makassar bisa menjadi cambuk bagi siswa atau siapapun yang ingin sekolah bahwa Smansa Makassar sekolah unggulan.

“Saya jadi saksi bahwa di tahun 90-an awal banyak kawan-kawan kita termotivasi masuk atau diterima jadi taruna Akmil atau Akpol,” ucap Ina.

“Sekarang satu per satu muncul dan bersinar sebagai taruna pejuang,” imbuhnya.

“Kita doakan semoga Kanda Andi Rian bisa mengemban amanah ini dengan baik dan membuat bangga almamater,” harapnya.

Jika dirunut dari angkatan terdahulu, ada sejumlah tokoh nasional dan Sulsel yang juga meraih bintang Jenderal atau minimal Kolonel.

Jenderal George Toisutta disebut salah satu alumni Smansa Makassar. Lalu ada almarhum Kolonel H.M Bempa Mappangara (almarhum), hingga Brigjen (Purn) Andi Kaharuddin S.I.P, M.M dari Smansa 84 dan masiih banyak lagi.

Andi Kaharuddin lahir 1965 adalah seorang Purnawirawan TNI-AD yang terakhir menjabat sebagai Inspektur BASARNAS.

Andi Kaharuddin, merupakan lulusan Akmil tahun 1988  dari kecabangan Zeni. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Kapok Sahli Pangdam XIV/Hasanuddin. Dia pernah Dandim 1009/Pelaihari (2009—2011) dan Wairdam VI/Mulawarman (2011).

Pernah pula sebagai Aster Kasdam VI/Mulawarman, Kasubdispensat Dispenad (2013—2020). Kapok Sahli Pangdam XIV/Hasanuddin (2020—2022) dan  Inspektur BASARNAS (2022—2023).

***


Sosodara
, Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen (Pol) Andi Rian Dajadi adalah alumni SMA Negeri I Makassar dan merupakan angkatan 1987.

Pati bernama lengkap Irjen Pol. Andi Rian Ryacudu Djajadi, S.I.K., M.H. lahir di Makassar pada tanggal 25 Agustus 1968. Dia naik pangkat dari Kombes menjadi Brigjen pada Juli 2020.

Andi Rian baru saja diangkat oleh Kapolri Jenderal Sigit Listyo sebagai Kapolda Sulsel pekan ini menggantikan Irjen Pol Setyo Budi Moempoeni Harso yang promosi ke Mabes Brimob.

Dari angkatan Andi Rian, ada nama Brigjen TNI Amping Bujasar Tangdilintin, S.Sos., M.Si. lahir 1 Mei 1968 adalah seorang perwira tinggi TNI AD yang sejak 26 Juni 2023 mengemban amanat sebagai Staf Khusus Kasad.

Tersebut pula Kolonel Aco Lamamma, perwira TNI AD dari angkatan 87

“Bro Amping pernah jadi Kasdam Hasanuddin,” kata sahabatnya Awal Lasena founder Hometown Kopizone di Makassar.

Amping lulusan Akmil 1990 ini dari kecabangan Zeni. Jabatan terakhir jenderal bintang satu ini adalah Inspektur Pusat Penerbangan Angkatan Darat. Andi Rian dan Amping juga dari angkatan 87 di Smansa Makassar.

Yang kedua adalah Marsma Dedy Ilham Suryanto Salam. Alumni Smansa angkatan 92 adalah Komandan Komando Sektor II/Makassar atau (Kosek II/Makassar).

Irjen Pol Andi Rian Djajadi bersama Ketua IKA Smansa Makassar, Andi Ina Kartika Sari serta teman angkatan 87 saat pelaksanaan pelantikan IKA Smansa 87, Andi Rian sebagai ketuanya (dok: Pelakita.ID)

Sebelum Marsma Dedy, ternyata ada juga nama Masma Andi Amran yang juga alumni Smansa Makassar angkatan 87.

Lengkapnya, Marsma TNI Andi Muhammad Amran Rasjid Asisten Deputi Koordinator Kesadaran Bela Negara Kemenko Polhukam.

Tahun 80-an sejumlah generasi terbaik SMA Negrri I Makassar masuk akademi militer dan akademi kepolisian.

Dari angkatan 85, ada Mayjen TNI Moh Hatta Usmar Rukka yang pernah menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi Setjen Wantannas dan menjadi Deputi Bidang Sistem Nasional Setjen Wantannas

Peraih bintang dari Smansa 85 lainnya yang penulis sempat lacak adalah Brigjen Soetikno dari Angkatan Darat.

Lalu ada Brigjen Hery Sutisna juga dari Angkatan Darat,  Marsma Wempy Pasaribu Angkatan Udara serta Brigjen Pol Imran Yunus yang juga baru saja dapat jabatan sebagai PATi di Lemdiklat Polri.

Marsma TNI Ir. Wempy Pasaribu adalah Pati Sahli Kasau Bid Air Power.M.T., M.A., jabatan Pati Sahli Kasau Bid Air Power.

Dari angkatan penulis, ada beberapa nama yang berhasil masuk Akabri. Mereka adalah Kolonel (Kav) Abd Haris yang pernah menjadi Staf Ahli Hukum Pangdam Hasanuddin, kini di Mabes AD.  Lalu ada Kol Cin Nirwansyah dan Mayor Cpl (Purn) Muksin Anwar.

Tak ketinggalan masih dari Smansa 89 ada Kolonel (Laut) Aris Ruru Palulungan.

Dari Smansa 88, ada informasi dari Noor Alamsyah bahwa ada kawan seangkatannya ada nama Jemmy Trisonjaya.

“Pangkat Marsda TNI, beliau sekarang Waka Bais TNI. Dulu Kapuspen AU. Marsda Jemmy Smansa 86, sahabat saya,” sebut Noor.

Penelusuran Pelakita.ID, Marsda TNI Jemi Trisonjaya merupakan pria yang lahir di Bandung pada tanggal 30 April 1967. Sebelu mejabat Wakabais, dia adalah seorang perwira tinggi TNI Angkatan Udara yang sangat berpengalaman.

Jabatan penting Jemi bermula ketika ia ditunjuk menjadi Kadisopslatau ke-3 dengan masa jabatan 22 Mei 2018 -19 Maret 2019. Pada saat itu ia menggantikan Marsekal Madya TNI (Purn)Tamsil Gustari Malik.

Generasi emas

Ferdi Sambo adalah alumni Smansa 91 yang mencuat dan membuat nama Smansa jadi perbincangan. Ferdi dan Andi Rian hadir bersamaan di jagad berita.

Meski begitu, sosodara, ada pula sejumlah alumni Smansa Makassar dari berbagi angkatan 90-an yang mulai mencuat.

Hasil penelusuran Pelakita.ID mereka di antaranya dari angkatan 93 ada Kombes Pol Anwar Nasir.  Dia pernah Kapolres di Sidoarjo, Jatim.

Kombes Anwar senagkatan Andi Ina di Smansa 93. “Kita doakan semoga karir sahabat-sahabat kita terus cemerlang dan membawa harum nama Smansa,” kata Andi Ina.

Pelakita.ID juga mendapat informasi, dari angkatan 94, ada nama ‘the rising star’ Kombes Pol Arief Budiman yang pekan ini juga mendapat jabatan sebagai Dirlantas Polda Kalimantan Utara.

“Arief adalah alumni Akpol 97. Selain Kombes Arief masih ada satu lagi tamatan Akmil, yang pernah jadi Dandim di Jakarta Selatan adalah Kol. Inf. Jamaluddin, S.IP ,” kata Fadli Wellang, sahabat seangkatan Arief.

Dari angkatan 95, ada beberapa nama mencuat,

“Yang Akpol ada Kombes Fadly Somad lalu ada nama Kombes Abdul Rifai, berikutnya Kolonel Jumadal Aulia. Itu yang saya kenal,” kata Imran Lapong alumni Smansa 95.

Kombes Fadly Samad adalah Ketua IKA Smansa 95, dia pernah menjabat Dir Binmas Polda Kalsel sebelum masuk Mabes Polri.

Pembaca sekalian, yang merasa punya kawan kelas, atau alumni Smansa Makassar yang juga bisa dimasukkan ke jejaring alumni seperti berita di atas, silakan diinformasikan ya.

Selamat datang generasi emas, Smansa Makassar! Tetaplah jadi inspirasi untuk adik-adik dan generasi alumni ‘Jagung Bakar’ di masa yang ada datang!

 

Penulis: K. Azis
Koordinator Infokom PP IKA Smansa Makassar angkatan 89

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts