FT Unhas dan Nanchang University China Jalin Kerjasama, dari Infrastruktur Hijau hingga Robotika

  • Whatsapp
Rombongan Tim FT Unhas saat dipimpin Dekan Prof Isran Ramli bertemu tim Universitas Nanchang China (dok: Istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Komitmen Fakultas Teknik Unhas untuk meningkatkan kerjasama internasional keteknikan diitunjukkan dengan bagi pengalaman dan kerjasama dengan kampus ternama di China.

Universitas Nanchang berada di peringkat 745 di Universitas Global Terbaik.

Salah satunya adalah Nanchang University, yang selama ini berada di peringkat 745 di Universitas Global Terbaik.

Read More

Menurut Dekan FT Unhas Prof Isran Ramli, kerjasama ini untuk memperkuat riset Green Infrastructure, Robotika adan Otomotif, Metalurgi dan Material serta Pengendalian Polusi Lingkungan

“Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin saat ini sedang mengembangkan jejaring kerjasama dalam hal pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, dengan Nanchang University, di China,” kata Isran.

Pada kesempatan itu, Dekan FT Unhas, Prof Muhammad Isran Ramli melakukan penandatangan Perjanjian Implementasi Kerjasama dengan 3 Dekan Sekolah di lingkup Nanchang University.

Dalam hal ini, FT Unhas menjalin kerjasama dengan School of Infrastucture Engineering untuk kolaborasi di bidang green infrastruktur, dengan School of Advanced Manufacturing untuk kolaborasi di bidang robotika, otomotif, serta metalurgi dan material

Kedua adalah dengan School of Resources and Environment untuk kolaborasi dibidang Pengendalian Polusi Lingkungan, khususnya untuk Polusi Udara, Kualitas Air dan Sampah Padat.

Penandatanganan dilakukan di Kampus Nanchang University di Kota Nanchang, China pada Kamis, 7 Desember 2023.

Penandatanganan Dokumen Implementation of Agreement (IoA) antara Dekan FT Unhas dengan masing-masing Dekan/Perwakilan Dekan di NCU di gedung masing-masing sekolah.

Mereka adalah Prof Li Huokun Vice Dean of School of Infrastructure Engineering of NCU, Prof Ai Fanrong Executive Dean of School of Advanced Manufacrtue of NCU dan Prof Li Kun Vice Dean of School of Resources and Environment of NCU.

Sebelum dilakukan penandatanganan dokumen IoA, masing-masing pihak memaparkan kondisi dan kapasitasnya yang dilajutkan dengan diskusi tentang bidang kompotensi yang berpotensi untuk dilakukan kerjasama tridarma perguruan tinggi.

Dalam lawatan akademik ini, Dekan Fakultas Teknik Unhas bersama Dr.Eng. Muhammad Rusman Dosen Departemen Teknik Industri FTUH yang juga adalah Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Sumber Daya dan Alumni.

Hadir pula Dr. Rustan Tarakka, Dosen Departemen Teknik Mesin yang juga adalah Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi FTUH. Dr.Eng. Muralia Hustim Ketua Departemen Teknik Lingkungan FTUH,  Dr. Hairul Arsyad, Ketua Prodi Sarjana Metalurgi dan Material FTUH.

Lalu berikutnya adalah Dr. Muhammad Yahya Direktur Perencanaan dan Pengembangan Unhas yang juga adalah Dosen Departemen Arsitektur FTUH, Fadly Rivai Direktur Logistik & Pengadaan Unhas) serta Rakhmawita KTU FTUH).

Kegiatan kerjasama tridarma perguruan tinggi yang disepakati oleh kedua belah pihak adalah diantaranya, pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen dan staf tendik untuk kegiatan akademik, kolaborasi riset dan publikasi hasil riset, serta joint international conference atau symposium.

Redaksi

Related posts