SYL di mata Rani Mappangara

  • Whatsapp
Rani Dasayauri Mappangara dan Syahrul Yasin Limpo Daeng Kawang (dok: istimewa)

DPRD Makassar

“Tidak ada orang tanpa masalah.” SYL Daeng Kawang

PELAKITA.ID –  Pada beberapa video yang bereda di grup WA, ada beberapa yang betapa dekatnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Daeng Kawang dengan Rani Mappangara, tepatnya Rani Dasayauri Bempa Mappangara.

Bagaimana bisa sedekat itu? Siapa Rani dan bagaimana ceritanya dan di mana bermula?

Pelakita.ID mencoba menghubungi Rani Mappangara, yang juga pernah menjadi ketua IKA Smansa Makassar angkatan 89 dan kolega penulis.

Menurut pria yang kini berdomisili di Jakarta itu, tepatnya di kawasan Kompleks Zipur Kawasan Rawajati ini, SYL adalah abang sekaligus gurunya.

“Sudah lama kenal beliau, bisa disebut sejak kecil, bapak saya tentara, bapak beliau juga tantara,” ujar Putra Kolonel Bempa Mappangara ini.

Kolonel Mappangara yang berdarah Wajo pernah menjadi ketua DPRD Sulsel bertahun silam. Sementara SYL adalah putra Kolonel Yasin Limpo asal Kampung Sengka, Bontonompo Gowa.

Rani menyebut, saat SYL  menjadi Menteri Pertanian, dia sering berbincang dengan Gubernur Sulsel dua periode itu.

“Beliau tidak suka yang terlalu serius. Lebih banyak tentang hal-hal ringan, fun, menyanyi, termasuk jika misalnya beliau ajak jogging. Jogging ya hepi-hepi,” ujar Rani.

Menurutnya, SYL adalah kakak atau sosok yang banyak memberi pikiran-pikiran positif, tentang kehudupan, tentang cara menghadapi persoalan dan tetap optimis menghadapi hidup.

“Dari SYL Way itu kan kita sudah dapat apa pesan pentingnya, apa subtansinya. Jadi kita jalani saja,” ucap Rani terkait manfaat kedekatannya dengan SYL.

SYL Way adalah pesan atau kuot kebaikan SYL yang menyinggung kepemimpinan luhur, kepedulian sosial, dan kerjasama tim.

Rani yang jebolan Fakultas Ekonomi Unhas ini juga mengaku tidak banyak kawan lama yang bisa terus bersama SYL apalagi sejak bertugas di Jakarta.

 “Yang seperti kita ini bisa jadi karena sesama anak Tentara, anak purnawiran. Apalagi saat aktif di Forum Komunikasi Putra Putri Purnawiran Indonesia FKPPI di Makassar,” sebut Rani.

Pada sebuah video yang dikirim Rani ke Pelakita.ID,. SYL dan Rani sedang menikmati Lapangan Senayan. Mereka jogging dengan rileks.

“Kalau mau merasakan bagian hidup yang enak-enak itu, cobalah olahraga dengan teman yang kau sukai,” kata SYL di video itu seakan ingin menegaskan kedekatan dia dengan Rani.

Tersiar kabar, SYL disebut telah mendaftar sebagai bacaleg di Dapil 1 Sulawesi Selatan.

 

Penulis: K. Azis

Related posts