Meriahkan Hari Nusantara 2022, ISLA Unhas siapkan acara ‘Pekan Maritim’ di Makassar

  • Whatsapp
Suasana pertemuan ISLA Unhas sebagai persiapan memeriahkan Hari Nusantara pada bulan Desember 2022 nanti (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pengurus Ikatan Sarjana Kelautan (ISLA) Universitas Hasanuddin menghangatkan mesin organisasinya dengan menggelar pertemuan daring dan luring. Sebanyak 20 orang pengurus mengikuti pertemuan di sekretariat ISLA Unhas di Café Boska, Pasar Minggu sementara 17 orang lainnya secara daring.

Ketua ISLA Unhas, Darwis Ismail yang membuka pertemuan menyebut demi menyikapi dinamika bangsa terutama dalam trend pilihan kebijakan dan model pengelolaan sumberdaya kelautan, perikanan, kepariwisataan bahari, termasuk peluang pengembangan teknologi kelautan ke depan.

“Kita ingin mendorong dan menggalang kekuatan alumni Kelautan untuk ikut andil di dalamnya. Ada beberapa agenda yang sedang disiapkan ISLA Unhas. Ini upaya kami untuk memanfaatkan momentum Hari Nusantara yang akan digelar tanggal 13 Desember 2022,” ucap Darwis.

Read More

“ISLA Unhas akan akan mengadakan kegiatan skala nasional dengan lokus Makassar. Semacam Pekan Maritim. Fokus pada isu atau tema seperti pemgembangan inovasi teknologi kelautan, bersama membedah proses dan dampak kebijakan Kelautan dan Perikanan dalam 10 tahun terakhir serta bentuk rekomendasi yang bisa dikontribusikan alumni Kelautan untuk dokumen RPJMN 2024-2029,” papar Darwis.  

Ketua Kerukunan Keluarga Luwu Raya di DKI Jakarta itu menambahkan, selain itu ada beberaa kegiatan yang akan melibatkan alumni dan jejaring Kelautan yang akan dilaksanakan selama sepekan di Kota Makassar.

Para peserta pertemuan di Cafe Boska (dok: istimewa)

“Seperti aksi penyelamatan lingkungan pesisir, aksi bersih pantai pada masing-masing kabupaten kota yang akan dikoordinasikan dan difasilitasi anggota ISLA Unhas di daerah, aksi tanam mangrove 100 ribu pohon,” tambah alumni angkatan 92 di ITK Unhas ini.

Tak hanya itu, lanjut Darwis, akan disiapkan juga ajang Job seeker event untuk bidang maritim,  peningkatan kapasitas alumni yang akan dipandu dan diisi oleh pemateri dan coach alumni Kelautan Unhas.

“Termasuk mempromosikan inovasi, program dan digitalisasi ekonomi kelautan, dan lain sebagainya,” lanjut CEO Teknocorp Jakarta ini.

Sementara itu, Sekretaris ISLA Unhas, Cahyadi Rasyid, menyatakan ada beberapa calon mitra yang sudah dijajaki untuk bermitra seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dan kabupaten/kota, Unhas, IKA Unhas, Pemprov Sulsel, LSM kelautan, dunia usaha dan lain sebagainya.

“Acara selama sepekan ini juga akan diisi dengan kegiatan seminar, pameran, aksi outdoor termasuk menggalang kebersamaan alumni melalui kegiatan olahraga dan kesenian,” tambah alumni Kelautan Unhas angkatan 95 ini.

“Pertemuan tadi sudah menunjuk  saudara Atjo Nur Alamsyah sebagai ketua panitia dan akan disupervisi oleh Dr. Ardiansyah Hasyim dan Faisal Rauf,” pungkas pria yang selama ini bekerja pada Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi.

Pertemuan berlangsung hingga pukul 9 malam WIB yang dirangkaian acara makan malam. Beberapa alumni yang hadir di antaranya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Muhammad Ilyas yang sedang dalam kunjungan dinas ke Jakarta, Dr Ardiansyah Hasyim (Kemenkomarves), Ismawan Amir, Awaluddin Cindenk (KAHMI). Peserta daring yaitu Amiruddin Talli dari Batam, Muhammad Syakir dari Sulawesi Tengah hingga Daeng Cambang dari Kawanua Sulawesi Utara.

 

Penulis: K. Azis

Related posts