Sah! Logo Mubes IKA Unhas dimenangkan pria asal Bulupoddo Sinjai

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Panitia penyelenggara sayembara logo IKA Unhas menggelar rapat penilaian pemenang lomba dengan menghadirkan tujuh anggota dewan juri via daring, (Sabtu, 14/8/2021).

Dewan juri yang dimaksud adalah Ketua Prodi Arsitektur Unhas Dr. Ir. H. Edward Syarif, ST., MT., ketua SC Mubes/ketua KKSS H. Muchlis Patahna, pengurus pusat IKA Unhas Husein Abdullah.

Read More

Anggota juri lainnya adalah ketua IKA Unhas Jabodetabek Muhammad Ismak, profesional Hendra Noor Saleh dan budayawan Ilham Anwar plus perwakilan Rektor Unhas, yaitu Prof Dr drg Andi Arsunan Arsin. M.Kes.

Marwan Massinai, ketua panitia penyelenggara sayembara di depan anggota dewan juri dan Organizing Committee melaporkan bahwa selama dua minggu durasi pemasukan logo, ada 83 peserta yang mendaftar.

“Yang memasukkan logo ada lebih dari seperdua atau 43 kiriman logo,” ungkap Marwan.  Kegiatan ini diikuti masyarakat umum, dosen, karywan, mahasiswa aktif dan alumni Unhas.

Menurut Marwan, informasi sayembara desain logo bertema ‘Kolaborasi Unhas untuk Negeri” berhadiah 5 Juta dan hadiah hiburan 750 ribu telah dibagikan melalui media sosial sejak dua pekan lalu.

Pada rapat tersebut para dewan juri menyampaikan dasar penilain untuk beberapa logo yang diberikan. Prof Arsunan misalnya, dia menyebut bahwa salah satu logo yang dipujinya karena menawarkan spirit kolaborasi.

“Kolaborasi sangat penting dan itu digambarkan seperti pintu masuk bahwa Unhas telah masuk ke peradaban dunia,” katanya terkait logo yang dipilihnya.

Tanggapan lain juga diberikan oleh juri lain seperti Hendra Noor Saleh yang menyebut logo jagoannya sebagai yang sederhana, ada elemen ayam jantan dan jelas.

“Desainernya cukup cerdik, karena ekor ayam jantan dikombinasi beberapa warna,” ucapnya. Husain Abdullah mengakui ada dua logo yang jagokan, yang pertama logo yang disebutnya serupa logo tim sepakbola, dan yang kedua seperti logo jagoan Prodi Arsitektur Unhas.

Justru logo yang dipuji Ketua Prodi Arisitektur Unhas itulah yang keluar sebagai pemenang setelah voting dewan juri dengan skor 4-3.

Awalnya ada sembilan yang masuk tahapan seleksi, lalu menjadi tiga besar kemudian terpilih dua teratas sebagai ‘grandfinal’ voting.

Logo yang menang menawarkan dua warna, warna merah yang identik dengan Unhas serta kuning emas, lambang kejayaan.

Lalu, siapa gerangan pemilik logo yang menang itu?

Dia adalah Musnandar, pria kelahiran Bone, usia 21 tahun. Dialah pemenang logo Mubes IKA Unhas. Pria Kelahiran Tompobulu, Bulupoddo iSinjai tu akhirnya menyisihkan 43 peserta sayembara yang digelar sejak dua pekan lalu.

Penjelasan makna logo menurut karya Musnandar (dok:istimewa)

Substansi pesan logo tersebut menurut Musnandar melalui penjelasan tertulisnya menggambarkan semangat kerjasama yang tidak henti-hentinya serta semangat persatuan Unhas yang humanis, intelektual, kompetitif, kritis kreatif, dan inovatif yang memiliki peran penting sebaga penyokong atau mitra penggerak dalam mewujudkan visi Universitas Hasanuddin sebagai universitas kelas dunia.

Pelakita.ID yang hadir dalam pertemuan itu membaca situasi bahwa ada beberapa anggota panitia OC yang sesungguhnya menjagokan peserta kedua, dari yang lolos untuk ‘grandfinal’.

Mereka nampaknya mem-favoritkan yang kedua tapi dari tujuh anggot dwan juri, ada empat memilih sang juara itu.

“Inilah spirit sayembara logo Mubes Unhas kita, kami hormati wilayah otonom juri,” kata Muhammad Ismak, ketua panitia Mubes Unhas kepada Pelakita.ID

Pasca penentuan pemenang ini, Marwan menyebut bahwa setelah rapat penentuan ini pihaknya akan bersurat ke pemenang serta menyampaikan terima kasih kasih kepada anggota Dewan Juri.

“Kami juga akan bersurat secara resmi ke Steering Committee Mubes IKA Unhas mengenai hasil lomba serta menyiapkan hadiah kepada pemenang dan mengirimkan sertifikat pemenang dan sertifikat peserta,” pungkasnya.

Penullis: K. Azis

Related posts