IKA UNHAS bersiap gelar Mubes, JK teken SK kepanitiaan

  • Whatsapp
Alumni perguruan tinggi terbesar di Indonesia bagian timur ini bersiap menggelar Musyawarah Besar dalam bulan September 2021. Tidak kurang 190 ribu alumninya tersebar di seluruh dunia. Peran serta alumni dalam sejarah NKRI telah teruji dan terbukti. Ke depan, kontribusi mereka masih sangat dibutuhkan oleh bangsa ini di tengah dinamika global yang penuh ketikdastian karena pandemi, dan perebutan ruang dan sumber penghidupan. (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Organisasi Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) bersiap menggelar Musyawarah Besar pada September 2021. Informasi terkait rencana Mubes ini disampaikan dalam rapat perdana oleh Organizing Committee, Rabu (14/ 2021).

Pelaksanaan akan dirangkaian dengan Dies Natalis Unhas dan menyesuaikan arahan pengurus pusat IKA Unhas serta Steering Committee, terutama berkaitan perkembangan situasi pandemi COVID-19 dan penerapan PPKM Darurat.

Read More

Pertemuan OC dipimpin oleh Ketua Panitia Mubes IKA Unhas 2021, Muhammad Ismak yang juga ketua IKA Unhas Jabodetabek. Hadir beberapa alumni perwakilan fakultas seperti Anwar Mattawappe, Taswin Munier, Marwan Massinnai, Zia Ulhaq Nawawi,

“Pertemuan kita menyepakati substansi tema berkaitan, tentang perlunya persatuan alumni untuk ikut serta menjadi bagian dalam pembangunan nasional. Kurang lebih menegaskan bagaimana alumni Unhas bersatu untuk Indonesia,” jelas Salahuddin Alam, Sekretaris OC.   

Menurutnya, Mubes akan dilaksanakan online, offline atau hybrid, untuk saat ini panitia siap menyesuaikan dan akan menyiapkan opsi atas masing-masing pilihan,” ucapnya.

Jika hybrid, lanjut Salahuddin, maka akan dilaksanakan di salah satu hotel atau tempat lain yang disepakati sesuai dengan ketentuan PPKM

“Sudah ada gambaran proses Mubes seperti menyelenggarakan Studium Generale virtual dengan menampilkan alumni dari Fakultas masing-masing, bisa melalui aplikasi meeting online,” tambahnya.

“Termasuk pemanasan dan penyebarluasan rencana Mubes dengan memanfaatan media sosial dan obrolan membahas sejarah, dinamika dan prestasi Unhas dengan melibatkan alumni, misalnya ketua-ketua IKA Fakultas,” jelas Salahuddin.

Untuk memeriahkan Mubes dan melibatkan partisipasi masyarakat umum berkaitan Mubes ini, Salahuddin menyebut akan dimulai dengan penyelenggaraan Sayembara Logo Mubes IKA.

“Kita mandat bro Marwan Masinnai sebagai penanggung jawab bagian ini. Dia tosseng yang punya rekam jejak berkaitan kualitas desain dan pengaturan proses sayembara,” lanjutnya.

“Layaknya kegiatan yang melibatkan banyak alumni, apalagi nama besar Unhas yang sudah melahirkan hampir 200 ribu alumi maka kita perlu menyiapkan proposal kegiatan. Bro Anwar No’  Mattawappe akan mengurusi sisi krusial ini,” ucap pria yang akrab disapa Dettiro ini.  

Penyelenggaraan Mubes disebut sukses jika melibatkan alumni sebanyak-banyaknya, untuk itu, salah satu aspek yang perlu disiapkan adalah database alumni.

“Kita perlu berkoordinasi dengan Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Unhas, saudara Abdullah Sanusi, untuk memudahkan penelusuran alumni, atau minimal jejak informasi IKA-IKA Fakultas yang selama ini sudah terhubung dengan Unhas,” lanjut Dettiro.

“Kita menyepakati urusan super penting ini pada alena beliau Muhammad Hilmi, Tanra A. Madjid dan Taswin Munier,” tambahnya.

“Karena waktu penyelenggaraan Mubes kian dekat, kita berharap bidang-bidang kerja yang sudah dibuat, dan sudah di-SK-kan bisa gaspol. Masing-masing akan menyusun rencana aksi dan kebutuhan inputnya,” pungkas Dettiro.

SK yang dimaksud ditandatangani oleh Ketua Umum IKA Unhas, M Jusuf Kalla dan Sekretaris Umum, Husain Abdullah. SK ini berisi 50 orang perwakilan alumni dari berbagai fakultas dan angkatan.

 

Editor: K. Azis

Related posts