Mengenal Galeri Kareso, simpul UMKM di Luwu Timur

  • Whatsapp
Lebih dekat Galeri Kareso Luwu Timur (dok: istimewa)

PELAKITA.ID – Jika sering melanglang dunia Instagram, bisa jadi pernah melihat atau melintas akun ‘galerikareso.lutim’. Iya, ini adalah ‘pasar’ produk UMKM yang berbasis di Luwu Timur.

Galeri Kareso di Luwu Timur, tepatnya di Kecamatan Nuha telah menjadi model pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan.

Read More

Galeri Kareso mencuat setelah Gerakan Belanja Produk UMKM di Luwu Timur diresmikan oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki dalam bulan Februari 2021.

Saat itu, Menteri Teten mengingatkan publik tentang pentingnya belanja produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut Teten, UMKM adalah penggiat ekonomi yang paling andal dan telah berkontribusi terhadap PDB nasional sekitar 60 persen dan penyerapan tenaga kerja. Meski demikian, dalam masa pandemi Covid-19, UMKM telah mengalami dampak yang hebat.

Galeri Kareso yang diluncurkan dalam bulan Februari itu merupakan manifestasi dari kolaborasi pihak swasta dalam hal ini PT Vale dan asosiasi UKM menjadi mitra strategis. Dia menjadi tempat bagi para pelaku UMKM memasarkan produknya dan mendukung kebangkitan UMKM.

Aneka produk yang dipasarkan Galeri Kareso Luwu Timur (dok: istimewa)

Gerakan Belanja Produk UMKM di Luwu Timur yang juga mendapat dukungan Menteri Teten ini merupakan inisiasi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dengan bekerjasama Asosiasi UKM Mutiara Timur Sulawesi Selatan.

Tujuannya untuk membantu promosi dan memperluas akses pasar produk UMKM binaan. Upaya ini telah berjalan sejak tahun 2018 dan membina sekurangnya 500-an pelaku UMKM di Luwu Timur.

Dari jumlah tersebut, sekitar 86 persen pelaku usaha UMKM adalah kelompok perempuan.

Selama masa pandemi Covid-19, sebagian besar pelaku UMKM binaan PT Vale di Luwu Timur dapat bertahan dan beradaptasi mengikuti proses pembinaan serta dapat melakukan inovasi pengembangan produk dan pemasaran.

Bentuk pendampingan itu tidak hanya pelatihan tetapi juga membantu memperkuat akses permodalan dan pasar bagi produk-produk UMKM.

Nah, jika anda ke Luwu Timur atau ke Nuha, atau Sorowako, sila berkunjung ke Galeri Kareso. Di sini tersedia jenis produk UMKM binaan, seperti makanan ringan, bumbu dapur, produk herbal, kerajinan tangan, dan aneka produk olahan hasil perikanan yang berasal dari Danau Towuti dan Teluk Bone di Malili.

Galeri Kareso telah memasok produk UMKM binaan untuk menembus pasar Makassar dan sekitarnya, termasuk Toraja, Palopo, hingga Morowali. Beberapa produk unggulan UMKM binaan yang sedang dalam proses kerja sama dengan pihak hotel dan ritel modern di Sulawesi Selatan.

Galeri Kareso menjadi magnet usaha sekaligus inovasi daerah terkait pengembangan UKM setelah diluncurkan secara virtual oleh Kemenkop UKM, Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan -Kementerian Desa dan PDTT Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam serta manajemen PT Vale.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *