Sambut Hari Pangan Dunia 2020, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas gelar webinar pemanfaatan WPP dan penciptaan lapangan kerja

  • Whatsapp
Webinar terkait WPP, ketahanan pangan dari laut dan penciptaan lapangan kerja (dok: DAPK Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Dalam mendukung perayaan World Food Day 2020, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (DAPK) Universitas Hasanuddin berinisiatif melakukan webinar tentang “Pemanfaatan Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) untuk Ketahanan Pangan Nasional dan Penciptaan Lapangan Kerja bagi Lulusan Perguruan Tinggi”.

Isu ketahanan pangan adalah hal serius di masa pandemi. Segala kebijakan dan upaya dilakukan pemerintah dan stakeholder terkait untuk terus memenuhi kebutuhan pangan, utamanya dengan melihat potensi di bidang perikanan dan kelautan.

Read More

Patut dicatat bahwa Indonesia saat ini terutama di kawasan Indonesia Sea Large Marine Ecosyestem atau ISLME ini disebut mempunyia tidak kurang 500 spesies terumbu karang, 2.500 ikan laut, 47 spesies dari bakau, dan 13 spesies lamun.

Nah, potensi yang dimiliki tentu perlu pengelolaan sumber daya ikan secara berkelanjutan untuk menjamin ketahanan pangan dan penicptaan lapangan kerja terutama di tengah pandemi. Misalnya dengan mengadopsi konsep Ecosystem Approach to Fisheries Management (EAFM) dan Ecosystem Approach to Aquaculture (EAA) termasuk mendorong praktik perikanan berskala kecil.

Potensi tersebut terdapat dalam 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) di negara kesatuan Republik Indonesia dimana ada dua WPP yang bersisi di selatan Sulawesi yaitu WPP 713 dan 714.

Relevan dengan itu, seperti apa kebijakan dan strategi pengelolaan sumber daya ikan untuk mendukung ketahanan pangan akan dibahas dalam webinar ini oleh narasumber-narasumber yang berkompeten.

Mereka di antaranya, perwakilan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), peneliti atau akademisi bidang kelautan perikanan dari Unhas Makassar dan UHO Kendari, serta dari anggota tim GEF/FAO ISLME Project yang saat ini sedang bekerja di empat wilayah pengelolaan perikanan.

Mereka juga akan memberikan gambaran peluang pembukaan lapangan kerja baru berbasis kelautan perikanan. Jadi, bagi kamu yang ingin mengikuti kegiatan itu, silakan melakukan  registrasi melalui link di berikut: Bit.ly/wfd2020-Unhas.

Informasi akses mengikuti kegiatan akan Kamu peroleh setelah melakuka registrasi online. Narahubung: 082246490761 (Sri) #WFD2020 #pahlawanpangan. (*)

 

 

Related posts