FIKP Unhas gelar webinar optimalisasi kinerja SDM melalui inovasi riset

  • Whatsapp
Dekan FIKP Unhas, Dr Aisjah Farhum saat menghadiri webinar FIKP (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Universitas Hasanuddin kembali menyelenggarakan webinar seri dua dengan tema “Optimalisasi Kinerja SDM Perguruan Tinggi Melalui Inovasi Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat”.

Kegiatan yang menjadi salah satu rangkaian Dies Natalis ke-25 FIKP Unhas berlangsung pukul 09.00 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (12/08).

Read More

Hadir sebagai narasumber yakni Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kementerian Riset dan dan Teknologi Republik Indonesia, Prof Dr Ocky Karna Radjasa, M.Sc, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Universitas Padjadjaran, Prof Dr Ir Hendarmawan, M.Sc, dan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unhas Prof dr. Muh. Nasrum Massi, Ph.D.

Kegiatan resmi dibuka oleh Dekan FIKP Unhas, Dr. Ir. St. Aisjah Farhum, M.Si. Dalam sambutannya, Dr Aisjah menjelaskan kegiatan ini menjadi salah satu sarana mendiskusikan kolaborasi penelitian untuk meningkatkan kebermanfaatan hasil riset bagi kemaslahatan umat.

“Ini webinar seri dua dari rangkaian webinar series FIKP Unhas dalam rangka dies natalis ke-25. Kami berharap bisa membantu dalam upaya mengoptimalkan kemampuan diri melalui kolaborasi penelitian yang outputnya bisa dirasakan oleh masyarakat,” jelas Dr. Aisjah.

Usai pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan pemaparan materi dari para narasumber.

Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa, M.Sc. menyampaikan materi terkait “Kebijakan Penelitian dan Inovasi Nasional”. Dalam pemaparannya membahas mengenai peluang dan tantangan riset inovasi, prioritas riset nasional hingga upaya penguatan produktivitas riset dan inovasi.

Kehadiran ipteks, inovasi dan pembangunan diharapkan mampu menghasilkan teknologi tepat guna, meningkatkan nilai tambah dan hilirisasi sampai pada upaya substitusi impor dan peningkatan teknologi komponen dalam negeri.

Untuk fokus prioritas riset nasional tahun 2020-2024, Prof Ocky menuturkan ada beberapa topik yang bisa dikembangkan, seperti pangan, energi, kesehatan obat, transportasi, produk rekayasa keteknikan, pertahanan dan keamanan, kemaritiman, sampai pada sosial humaniora.

“Produk inovasi tidak selalu menghasilkan produk teknologi. Misalnya saja dalam bidang sosial humaniora, perubahan masyarakat dalam era revolusi digital ataupun penguatan demokrasi Indonesia menjadi salah satu luaran penelitian,” sambung Prof Ocky.

Pemaparan materi kemudian dilanjutkan oleh narasumber lain yakni Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc tentang “Peningkatan Kinerja SDM Perguruan Tinggi Dalam Penelitian Dengan Pendekatan Multi Disiplin Untuk Inovasi dan Pemberdayaan Masyarakat” dan ditutup dengan materi dari Prof. dr. Nasrum Massi, Ph.D., mengenai “Program Pengembangan Inovasi Unhas”.

Setelah pemaparan seluruh materi dari para nara sumber, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan yang dipandu oleh Dr.sc.agr. Ir. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si., (Dekan FIKP Unpad) selaku moderator diikuti kurang lebih 170 peserta berlangsung lancar hingga berakhirnya acara pukul 11.45 Wita.(*/mir)

Related posts