Pantai indah Kota Padang pada bidik lensa Sang Notaris

  • Whatsapp

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kota Padang Sumatera Barat memiliki pantai yang indah, Pantai Nirwana dan Pantai Air Manis, tempat batu Malin Kundang, saat matahari terik hingga terpendam, sangat memesona.

Demikian penilaian Dewi Andriani, S.H, M.H, notaris yang tinggal di Jakarta namun berdarah Padang kepada Pelakita.ID, 10 Agustus 2020.

Read More

Bermain di Pantai Nirwana (foto: Dewi Andriani)
Lansekap dibekap sunset Pantai Air Manis (Foto: Dewi Andriani)

Pantai Nirwana yang disebutkan Dewi adalah salah satu daya pikat di pesisir Kota Padang atau di sisian Teluk Bayur. Di area Nirwana, menurut Dewi, kita bisa menyaksikan nyiur, lekuk pantai indah hingga topografi pantai yang memikat terutama saat laut surut.

Tentu saja dari sini kita bisa melihat kapal-kapal yang sandar di Pelabuhan Teluk Bayur. Melalui jepretan Dewi, pesona keindahan Nirwana terlihat sangat jelas saat sunset, geliat aktivitas anak maunusia dan bentang pantai yang menantang. Dari sini, Pelabuhan Teluk Bayur begitu memukau.

Menikmati sunset di Pantai Air Manis nan memesona (foto: Dewi Andriani)

Pantai Nirwana selalu jadi incaran wisatawan yang pesiar ke Kota Padang. Tempat ini oleh warga setempat dianggap punya berkah, dapat mengobati beberapa penyakit, bisa jadi karena air garam ya?

Itu pula yang dilakukan Sang Notaris saat tandang ke kotanya, ke Padang. “Ini pantai favorit saya. Bukan semata karena indah tapi ada sisi kebanggaan atas keindahan daerah sendiri,” ucap Dewi.

Jangan lupa menikmati atau menyambangi pasar ikan di sekitar pantai Nirwana (foto: Dewi Andriani)

Untuk sampai ke Nirwana, menurut Dewi, harus melewati Jalan Raya Padang lalu mengarah ke Painan di Padang Selatan.

“Sekitar 15 kilometer dari Kota Padang. Yang menarik karena lokasinya pantainya panjang sehingga kita bisa menikmati pantai dengan leluasa,” tambah Dewi.

Pantai Air Manis, bersih dan bisa jadi lokasi santai (foto: Dewi Andriani)

Selain kendaraan pribadi, untuk sampai ke pantai ini bisa dengan kendaraan umum. Naik angkutan umum tujuan 437 dari Pasar Raya Padang melintasi poros Bengkulu.  Jalur lain yang bisa digunakan adalah Padang–Muko-muko.

“Di perjalanan, kami juga lihat ada banyak monyet khas Sumatera,” imbuh Dew yang juga pernah tinggal di Kota Makassar ini.

Menurut Dewi, di Pantai Nirwana tersedia fasilitas pendukung wisata yang amat lengkap. Cafe, tempat hiburan anak-anak, juga dapat menggunakan perahu sewa hingga tenda. Di pantai ini kita bisa mengamati aktivitas nelayan dengan leluasa.

Pantai Air Manis, tempat nyaman untuk bekrekreasi (foto: Dewi Andriani)

Pantai Air Manis

Meski telah menggambarkan Pantai Nirwana, namun foto-foto di atas sebagian besar dari pantai ini, Pantai Air Manis.

Iya, Pantai Air Manis atau adalah juga salah satu lokasi favorit Dewi. Di sini terdapat pula Batu Malin Kundang. Pantai Air Manis adalah oase bagi pendamba keindahan pantai dan laut, yang selalu kangen pada sunset atau sunrise.

Sunset di Air Manis (foto: Dewi Andriani)

Pantai Air Manis mempunyai pantai yang panjang, pun berpasir putih.  Pantai ini sungguh mengasikkan apalagi saat sunset tiba. Lansekap dan taburan cahaya merah saga bisa menghipnotis kita untuk mau berlama-lama di sini.

Di pantai ini, bersama keluarga atau orang terkasih, kita bisa bermain dengan aneka rupa, juga santai atau menjajal berkendaraan roda dua atau tiga.

Mari ke Pantai Ari Manis Padang! (foto: Dewi Andriani)

Sumber: Dewi Andriani, S.H, M.H (notaris di Jakarta)

Related posts