FT Unhas Sepakat Kerja Sama Peningkatan SDM dengan BPSPL Makassar

  • Whatsapp
Fakultas Teknik Unhas menyepakati Kerja Sama Peningkatan SDM dengan BPSPL Kota Makassar (dok: Humas Unhas)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin kembali memperluas jejaring kemitraannya melalui kerja sama dengan Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makassar.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Perjanjian Kerja Sama yang dilakukan oleh Dekan Fakultas Teknik (Prof. Dr. Eng. Ir. Muhammad Isran Ramli, S.T., M.T., IPM., ASEAN. Eng) bersama Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Kota Makassar (Permana Yudiarso, S.T., M.T).

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung CoT FT Gowa Unhas, Senin (20/05).

Turut hadir Wakil Dekan Bidang Kemitraan, Riset dan Inovasi FT Unhas (Prof. Dr. Ir. Rustan Tarakka, ST., M.T., IPM., ASEAN.Eng), Ketua Departemen Teknik Kelautan (Dr. Ir. Chairul Paotonan, S.T., M.T).

Hadir pula Sekretaris Departemen Teknik Kelautan (Dr. Hasdinar Umar, ST., MT), Para Dosen Departemen Teknik Kelautan, Kepala Bagian Tata Usaha, dan para Kasubag dan Staf Fakultas Teknik, Serta Staf BPSPL Kota Makassar.

Mengawali kegiatan, Dekan Fakultas Teknik Prof Isran dalam sambutannya menyampaikan kerjasama ini merupakan wujud implementasi misi fakultas salah satunya dengan membuka jejaring kegiatan kerjasama sehingga dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan tinggi seperti kegiatan magang bagi mahasiswa dan pelaksanaan kerjasama penelitian bagi para dosen.

Kiri, Prof Isran dan Kepala BPSPL Makassar Permana Yudiarso (dok: Humas Unhas)

Prof Isran juga berharap agar kegiatan kerjasama ini tidak berhenti pada satu dua kegiatan saja, melainkan bisa terus berjalan kedepannya.

“Kita harapkan implementasi dari kerja sama ini bisa semakin berkembang dan memberikan dampak positif yang luas bagi masyarakat. FT Unhas tentu akan memberikan kontribusi terbaik sesuai kapasitas yang dimiliki,” jelas Prof Isran.

Perjanjian kerjasama ini bertujuan untuk mendukung penguatan sumber daya manusia, pengabdian masyarakat dan pengembangan terkait pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut.

Ruang lingkup dari pelaksanaan kerjasama ini mencakup pendidikan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengabdian kepada masyarakat terkait pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut, pemanfaatan sarana dan prasarana, hingga seminar dan publikasi ilmiah.

Pada kesempatan yang sama, Yudiarso menyampaikan bahwa kementrian juga diwajibkan untuk melakukan kerja sama, tidak hanya sesama pemerintahan melainkan juga dengan para akademisi, praktisi, organisasi masyarakat, maupun media.

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasinya. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan profil BPSPL dan target kerjasama yang ingin dicapai.

Chairul Paotonan selaku Ketua Departemen Teknik Kelautan menyampaikan bahwa kerjasama antara BPSPL Makassar dengan Departemen Teknik Kelautan pada dasarnya secara defacto telah terjalin selama ini di antaranya pelibatan dosen Departemen Teknik Kelautan FT Unhas sebagai narasumber dan tim teknis pada Bimtek dan kegiatan evaluasi dokumen pemberian ijin pemanfaatan ruang laut.

BPSPL Makassar selama ini telah menjadi instansi tujuan magang mahasiswa Teknik Kelautan. Departemen Teknik Kelautan juga melibatkan Staf BPSPL Makassar sebagai dosen praktisi. Staf BPSPL juga aktif sebagai penulis dalam seminar Nasional Tahunan Departemen Teknik Kelautan dan jurnal milik Departemen Teknik Kelautan.

Dengan alasan ini, maka BPSPL Makassar dan Fakultas Teknik Unhas melalui Departemen Teknik Kelautan memformalkan kerja sama selama ini telah terjalin dalam bentuk Perjanjian Kerjasama (PKS) yang saling mengikat dan menguntungkan satu dengan lainya.

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makassar (BPSPL Makassar) adalah unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut yang berlokasi di Makassar dan bertugas mengelola sumber daya laut, pesisir dan pulau-pulau kecil di enam provinsi Sulawesi secara berkelanjutan.

BPSPL Makassar memiliki tiga kantor wilayah kerja dan dilengkapi sarana prasarana pendukung tugasnya.(*)

Kepala Humas Unhas

Ahmad Bahar

Related posts