Pastikan Layanan Idul Fitri 1445 H Aman, Dishub Makassar Gelar Pengujian Kendaraan Bermotor

  • Whatsapp
Kadis Perhubungan Kota Makassar Zainal Ibrahim saat meemeriksa kelaikan kendaraan untuk mendukungan persiapan Idul Fitri 1445 H (dok: Dishub Makassar)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Demi peningkatan dan perwujudan keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) khususnya angkutan orang dan barang pada pelaksanaan angkutan Idul Fitri 1445 H, Dinas Perhubungan Kota Makassar menggelar Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB).

“Kegiatan ini didukung Satlantas Polda dan Polrestabes Makassar, BNN Sulsel, Kejaksaan Negeri Makassar, PT. Jasa Raharja dan PD. Terminal Makassar Raya,” sebut Zainal Ibrahim, Kadis Perhubungan Kota Makassar, Jumat (5/4/2024).

Menurutnya, secara terkoordinasi pihaknya melaksanakan kegiatan ramp check terhadap angkutan umum (orang dan barang) pada lokasi.

Read More

“Yaitu di Terminal Regional Daya Makassar. Dalam kegiatan ramp check ini disertai dengan pembinaan perizinan angkutan umum, protokol kesehatan, khususnya pemeriksaan narkoba dan sosialisasi keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) bagi Petugas Terminal, Operator dan para Pengemudi,” jelas Zainal.

Dikatakan, dalam kegiatan ramp check ini dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan angkutan umum yaitu kendaraan angkutan barang dan Bus AKDP.

“Di mana telah dilakukan pengecekan berupa dokumen kendaraan, kelengkapan kendaraan dan teknis laik jalan kendaraan terdiri beberapa aspek,” kata dia.

Dijelaskan aspek tersebut seperti unsur Administrasi, berupa :Bukti Lulus Uji, Kartu Pengawasan Izin Operasional, SIM dan STNK.

“Yang kedua Unsur Teknis Utama berupa Sistem penerangan, sistem pengereman, kondisi kaca depan, ban dan sabuk keselamatan,” urainya.

“Ketiganya, unsur Teknis Penunjang berupa pengukur kecepatan, sistem penerangan, spion, wiper, klakson, kapasitas tempat duduk, perlengkapan kendaraan, perlengkapan tanggap darurat,” tambahnya.

Sementara itu, Ilham Syamsuddin selalu Kepala UPTD PKN Dinas Perhubungan Kota Makassar sekalgus ketua tim menyampaikan, selain ramp check, pihanya juga memberi masukan kepada pengemudi angkutan umum agar para pengemudi dapat tetap menjaga kondisi kendaraan dalam keadaan laik jalan.

“Yang terpenting para pengemudi dalam mengemudikan kendaraan harus dalam kondisi fit dan tidak terpengaruh oleh minuman keras atau narkoba serta mematuhi peraturan yang terkait dengan berlalu lintas di jalan,” ujar Ilham.

“Juga wajib menerapkan protokol kesehatan baik di dalam kendaraan maupun di lingkungan terminal, sehingga diharapkan akan terciptanya kesehatan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan,” pungkasnya.

 

Redaksi

Related posts