Teknologi lampu pemanggil ikan solusi alat bantu penangkapan berkelanjutan

  • Whatsapp
Narasumber dan peserta sosialisasi kegiatan berfoto bersama (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan adalah daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi sumber daya perikanan yang tinggi dibandingkan dengan kabupaten lainnya.

Tim Pengabdian Universitas Hasanuddin melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dipimpin oleh Muhammad Kurnia Ph.D bersama Ir.Ilham Jaya dan Muhammad Dalvi M.Sc sebgai anggota melakukan sosialisasi penggunaan alat lampu pada nelayan bagang tancap di Kabupaten Pangkep.

“Tujuan sosialisasi ini, adalah untuk memperkenalkan adanya alat bantu dalam bentuk lampu yang mampu digunakan para nelayan dalam mrnghasilkan hasil tangkapan yang lebih banyak” jelas Muhammad Kurnia.

Selaku ketua tim, Kurnia menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah sebagai bentuk tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat

“Temuan-temuan yang kami dapatkan di kampus dapat di sosialisasikan kepada para nelayan,” ucapnya.

Sehingga, lanjut Kurnia, ada integrasi dan desiminasi hasil penelitian kepada para nelayan.

“Dengan adanya teknologi alat bantu lampu ini dharapkan dapat diaplikasikan oleh nelayan low budget production dan mampu mendapatkan hasil yang banyak,” ujarnya.

Kegiatan ini akan ada tindak lanjut melalui lanjutan uji coba alat lampu kepada para nelayan,serta akan menempatkan beberapa mahasiswa untuk melakukan penelitian penggunaan pemanfaatan lampu.

Editor: K. Azis

Related posts