LIMA keistimewaan pada proses pelantikan IKA Unhas Gowa

  • Whatsapp
Ketua IKA Unhas Sulsel Moh Ramdhan Pomanto bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (dok: Humas Pemda Gowa)

DPRD Makassar

Pengurus IKA Unhas Daerah yang telah dilantik Ketua IKA Unhas Sulsel Moh Ramdhan Pomanto per Februari 2023 hingga Mei 2023 adalah Kabupaten Pangkep. Soppeng, Toraja, Toraja Utara. Pinrang, Sidrap. Bone, Luwu Timur, Kota Palopo, Bantaeng dan Wajo.

PELAKITA.ID – Panitia pelantikan IKA UNHAS Gowa menyuguhkan sejumlah ide kratif, keunikan dan keistimewaan dalam konteks berorganisasi alumni.

Hemat penulis, jelang dan saat pelantikan IKA Unhas Daerah yang sudah memasuki gerbang kedua belas se-Sulawesi Selatan, alumni Unhas di Gowa tampil beda.

Read More

Setidaknya jika dibandingkan beberapa ide dan bentuk kegiatan yang digelar di sejumlah kabupaten-kota sejak Febaruari hingga bulan Mei 2023.

Kabupaten-kota yang telah dilantik per Februari 2023 hingga kini adalah Pangkep. Soppeng, Toraja, Toraja Utara. Pinrang, Sidrap. Bone, Luwu Timur, Kota Palopo, Bantaeng dan Wajo.

Lima yang istimewa

Pertama, keragaman kegiatan. Jika yang lain umumnya menggelar gerak jalan santai atau semata pelantikan, IKA Unhas Gowa menggelar sejumlah kegiatan inspiratif bagi insan akademia Unhas dan kaum muda atau alumni anyar.

Kegiatan tersebut mulai dari pameran foto, pelatihan barista, diskusi publik tentang kendaraan listrik, pameran mobil listrik, hingga pameran pelaku UMKM yang jumlahnya mencapai hampir seratusan produk.

Di Café Insinyur, di beranda kompleks Kampus Teknik Unhas Gowa, sejumlah mahasiswa dan juga alumni benam dalam proses pelatihan dan uji coba menjadi barista.

“Gowa punya pegunungan Bawakaraeng, Malino, Tombolo, yang punya potensi kopi, mahasiswa atau alumni kita harus dirangsang untuk bisa menjadi bagian di dalamnya, minimal bisa mengolah kopi,” ujar Dedy Andi, pengurus IKA Unhas Gowa.

Kedua, pelantikan dilaksanakan di Kampus Fakultas Teknik atau Unhas Gowa sekaligus menjadi simbol bahwa kolaborasi, inisiatif dan aksi alumni tidak boleh terlepas dari iklim akademia.

Apalagi dihadiri perwakilan WR 3 Unhas, Pengurus Pusat IKA Unhas dengan jumlah pengurus atau perwakilan yang hadir, perwakilan Forkopimda dan keluarga besar Fakultas Teknik Unhas.

“Ketuanya Sospol, ketua panitia Hukum, Bupati Hukum, ketua IKA Unhas Sulsel dari Teknik dan digelar di Fakultas Teknik Unhas Gowa. Ini luar biasa kekompakan dan kolaborasinya,” puji Ketua IKA Geologi Unhas, Sugianto Wahid yang datang pada pelantikan tersebut.

Ketiga, pelaksanaan pelantikan diisi atraksi pasukan berkuda dimana penunggangnya membawa bendera pataka atau panji-panji Unhas.

Irwansyah Sukarana, ketua IKA Unhas Gowa menyebut ini adalah simbol menuju destinasi visi misi IKA Unhas dengan memanfaatkan potensi lokalitas seperti sumber daya alam, potensi SDM hingga keberanian bersama organisasi IKA Unhas Gowa menghadapi tantangan.

Irwanyah juga layak berbangga, sejumlah koleganya dari Fisip datang ke lokasi pelantikan. Mulai dari Ishaq Rahman, Tasrifin Tahara, Poppy Rusdi, Yessy Yoana, Irwan Ade Saputra, hingga Ammang A.R.

Siang itu, di halaman Kampus Fakultas Teknik Unhas, kaki-kaki kuda berderap di jalan beton kampus diiringi pekikan gendang yang juga menghantar ketua IKA Unhas Sulsel Moh Ramdhan Pomanto, bersama alumni dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Momen yang menggambarkan bahwa IKA Unhas ke depan adalah manifestasi  kesediaan untuk bersama menuju cita-cita pendirian IKA Unhas yang telah ditorehkan sejak berpuluh tahun silam.

Keempat, koridor di Kampus FT Unhas penuh dengan gambaran potensi sumber daya alam Gowa yang telah mewujud dalam bentuk produk UMKM. Dari telur asin, keripik pisang, kopi hingga markisa.

Menurut Adnan, Pemerintah Gowa menunggu partisipasi aktif alumni untuk bersama membangun Gowa.

Dia juga berharap alumni bisa mengambil peran dalam meningkatkan volume dan nilai produksi seperti UMKM yang telah diketengahkan panitia pelantikan di selasar Gedung FT Unhas Gowa.

Kelima, penggambaran spirit dan arah perjuangan alumni dalam naungan IKA Unhas Gowa mengadopsi tiga tokoh dan tiga karakter kepemimpinan paglawan Gowa.

Terkait itu, Adnan menyebut ada tiga pahlawan Gowa yang bisa menjadi model.

“Pertama, I Mallombassi Daeng Mattawang, Sultan Hasanuddin. Dikenal karena keberanian, kegigihan dan tidak mengenal kata menyerah. Sepanjang untuk membela kepentingan daerah, masyarakat, dia terus melawan,”  sebut Adnan.

 

https://www.youtube.com/watch?v=LvqT8tD9TnU&t=51s“Yang kedua adalah Tuanta Salamaka Syekh Yusuf. Sebagai ulama, tokoh agama yang menjadi pahlawan di dua negara Indonesia dan Afrika Selatan,” tambahnya.

Yang ketiga menurut Adnan adalah Karaeng Pattingngalloang. “Mengusai tujuh bahasa, mempunyai 17 ribu buku, di perpustakaannya, memesan teropong bintang dari Eropa,” lanjutnya.

“Inilah tiga pahlawan dengan karakter berbeda, ada ketakwaaan, keberanian dan kecerdasan. Ikatan yang melambangkan tiga karakter dari Kabupaten Gowa,” jelas Adnan.

“Sesuai dengan tema yang diangkat yaitu Aktualisasi Unhas untuk Gowa, maka kita semua memiliki peran yang sama untuk memajukan daerah yang kita cintai ini dengan ide, gagasan yang baik,” ucapnya.

“Sehingga kami harap IKA Unhas bisa memberikan itu ke pemerintah agar kita mampu berkolaborasi untuk memajukan wilayah Kabupaten Gowa,” tambahnya.

Bagi Adnan, IKA Unhas Gowa bisa melambangkan tiga karakteristik ini karena mereka seperti pahlawan Indonesia yang memberikan kontribusi nyatanya kepada daerah.

“Terdiri dari orang-orang cerdas ilmu dan spiritualnya sehingga ini akan membuat Gowa yang lebih baik dan hebat lagi di masa yang akan datang,” tegasnya.

Berlangsung lancar

Pelantikan pengurus IKA Unhas Gowa berlangsung di Kampus Teknik Unhas Gowa, Sabtu siang (27/5/2023).

Ketua IKA Unhas Wilayah Sulawesi Selatan Danny Pomanto melantik ratusan alumni Unhas yang bermukim di Gowa.

Danny melantik para pengurus baru dengan membacakan pernyataan kesediaan dilantik, kemudian menyerahkan pataka dan menandatangani SK Pengurus yang disaksikan secara langsung oleh Bupati Adnan.

Pengruus IKA Unhas Gowa bersama Ketua IKA Unhas Sulsel Moh Ramdhan Pomanto dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (dok: Humas Gowa)

“Saya melihat semangat pengurus Gowa sangat luar biasa. Jumlah dan kegiatan yang dilaksnakan berbeda dengan daerah lainnya. Ini menggetarkan Gowa. Yang paling penting, bahwa alumni yang terbaik adalah alumni yang bersatu, bersama dan kuat. Intinya di situ,” kata Danny Pomanto.

Ketua IKA Unhas Gowa Irwansyah Sukarana mengapresiasi dukungan Bupati Gowa yang memberi dorong dan dukungan nyata.

“Beliaulah yang tak henti-hentinya memberikan bantuan dan dukungan sejak awal hingga hari ini, sehingga acara ini bisa terlaksana dan sukses seperti hari ini,” jelas Irwansyah, alumni Ilmu Politik Fisip Unhas.

 

Penulis: K. Azis

Related posts