Misi perjuangan Awaluddin, Bacaleg DPRD Provinsi Jabar dari Dapil Kabupaten Bogor

  • Whatsapp
Awaluddin, memilih NasDem karena gerakan perubahan yang diusungnya (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Perjalanan karir politik Awaluddin bermuara di Partai NasDem.  Partai pengusung Anies Rasyid Baswedan itu menjadi pilihan pria yang pernah menjadi peneliti Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi Sosial atau LP3ES itu.

LP3S bukan satu-satunya pengalaman Awaluddin. Saat ini dia adalah Direktur Utama PT Spectra Tirta Sakti yang dipegangnya sejak 2017.

Perusahaan yang dipimpinnya bergerak di bidang pemasaran mesin pemurnian air tawar dan laut (Reverse Osmosis), serta trading hasil laut atau perikanan.

Read More

Pada tahun 2018  hingga 2022 dia banyak menghabiskan waktu untuk mengabdi pada lingkup provinsi DKI Jakarta terutama untuk aspek pemberdayaan sosial dengan kemitraan pada Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta.

Awal, begitu sebutannya, ikut aktif dalam melakukan pemetaan sosial untuk pembangunan Taman Maju Bersama di wilayah DKI.

Sebelumnya. dia bekerja sebagai Manager Operasional pada PT.Gema Cipta Lestari  dan memimpin pelaksanaan berbagai proyek pemerintah bidang Kelautan dan Perikanan.

Dia juga berpengalaman sebagai pengurus Koperasi Bina Masyarakat Pesisir Mandiri (KBMPN).

“Waktu itu, tugas kami melakukan koordinasi dengan berbagai mitra kerja, mengawasi proses managemen terkait pengelolaan unit simpan pinjam,” ungkapnya.

Karirnya bermula pada tahun 2006 saat menjadi Sekretaris Jenderal • Gabungan Koperasi Pesisir Nusantara (GKPN).

“Saat itu, tugas kami melakukan koordinasi dan kerjasama usaha dengan koperasi pesisir (LEPP-M3) di berbagai wilayah pesisir nusantara,” ungkap alumni Fakultas Ilmu dan Teknologi Kelautan, Universitas Hasanuddin, Ujung Pandang ini.

Beberapa organisasi yang telah digelutinya adalah pada ISKINDO, KAHMI, KNPI hingga PB PHMI.

“Bersama kawan-kawan HMI, pernah menjadi pengurus besar Humpunan Mahasiswa Islam PB HMI pada bidang Kepemudaan tahun 1997 hingga 1999,” ucapnya.

Dia juga mengaku aktif pada Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) dan menjadi anggota Dewan Pembina; 2021 hingga 2026.

Posisi strategis  yang juga diisi oleh Awaluddin adalah sebagai ketua bidang maritim 2022 hingga 2027 pada Majelis Nasional Korps Alumi Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI).

Dapat kesan khusus dari Anies Rasyid Baswedan (dok: koleksi pribadi)

Misi yang diemban

“Misi menjadi pijakan menuju kursi DPRD Jawa Barat adalah mendorong peningkatan kesejahteraan dan penguatan ekonomi masyarakat melalui pendampingan keterampilan  bagi pelaku UMKM,” ucapnya.

“Yang kedua adalah mendorong adanya program informasi dan fasilitasi akses permodalan bagi pelaku ekonomi UMKM,” lanjutnya.

“Lalu yang ketiga adalah mendorong adanya program peningkatan kesadaran pentingnya pendidikan dan kesehatan dikalangan warga atau generasi muda,” ucap dia.

Program keempat, lanjut Awal adalah mendorong adanya program sosialisasi pentingnya tata kelola sumberdaya alam dalam mewujudkan kemandirian masyarakat.

“Kelima, program peningkatan keamanan dan ketertiban berbasis masyarakat. Inilah lima program yang saya masukkan ke KPUD sebagai misi utama menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ,” kunci Awal.

 

Editor: K. Azis

Related posts