Alumni UNHAS, yang MUDA yang maccaleg (bagian 2)

  • Whatsapp
Alumni Unhas, yang muda yang maccaleg (dok: infografis Pelakita.ID)

DPRD Makassar

Pada bagian kedua ini, Lensa Pelakita.ID menyorot nama-nama Bacaleg alumni Unhas dari kaum muda, ada Sarjana Hukum, dokter gigi hingga dokter umum. Lensa juga menyorot barisan senior sebagai pembanding. Ada pula yang naik kelas, merangsek dari Dapil Kota Makassar dengan tujuan Senayan. Siapa saja mereka?

PELAKITA.ID – Dari Kabupaten Luwu Timur, alumni Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan Unhas mengirim kabar kalau saat ini dia sedang bersiap sebagai Bacaleg Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

“Saya juga maju bang, PDI-P Dapil Angkona Kalaena,” ucap Andi Muhammad Zulkarnain, sosok yang disebut dekat dengan Bupati Luwu Timur, Budiman Hakim, Selasa, 16/5/2023.

Di kabupaten dengan potensi tambang nikel yang terkenal besar itu, Andi Zul, begitu sapaanya mengaku ingin memberikan yang terbaik bagi pembangunan masyarakat dan daerah di ujung timur-utara Sulawesi Selatan itu.

“Menjadi politisi partai seperti PDI-P adalah tantangan bagi kemanusiaan kita untuk bisa memberikan yang terbaik bagi daerah, bagi bangsa,” jelas Andi Zul yang pernah bekerja pada program pembangunan masyarakat pada PT INCO, kini Vale.

Menyeberang ke Pulau Jawa, ‘passompe’ Unhas juga maju pada kontestasi Pileg di Kabupaten Bogor.

Dari Jawa Barat, Awaluddin, alumni Ilmu dan Teknologi Kelautan Unhas berkabar kalau sedang menatap kontestasi Pileg melalui Dapil Kabupaten Bogor untuk DPRD Provinsi Jawa Barat.

“Kabupaten Bogor punya potensi yang luar biasa besar, perkebunan, pariwisata, usaha perikanan air tawar hingga UMKM yang masih perlu diperkuat dan dikembangkan secara maksimal,” jawab kolega dekat Anies Baswedan ini  saat ditanya Pelakita.ID tentang motivasinya.

Sejumlah alumni Unhas bersiap maju untuk DPRD dan DPR RI di Pileg 2024 (dok: dari berbagai sumber)

Aktivis sejumlah organisasi besar seperti HMI, KAHMI, Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia, hingga organisasi jejaring koperasi itu, menyebut pilihannya berpolitik melalui Nasdem demi mendorong perubahan.

“Nasdem terbukti konsisten dalam mendorong perubahan, baik untuk pengelolaan negara yang lebih baik maupun mendorong keberdayaan rakyar pada segara sendiri kehidupan,” ucapnya.

***

Kembali ke Makassar.

Di Kota Daeng, Pelakita.ID mendapat informasi tentang alumni-alumni Unhas lintas generasi lainnya yang sedang bersiap masuk gelanggang politik Pileg.

Kolega Fauzi Andi Wawo, Ade, berbagi info kalau kawannya itu maju di Dapil 1 Makassar untuk DPRD Sulawesi Selatan.

Politisi muda yang akrab disapa Uci itu adalah Ketua PKB Kota Makassar.

“Mohammad Kurniawan, sarjana hukum, adalah alumni Unhas muda yang juga maccaleg,” kata Ilham Hanafie, advokat.

Nama yang disebut Ilham maju di Dapil 2 Makassar untuk DPRD Kota Makassar. Wilayahnya meliputi Bontoala, Ujung Tanah, Tallo dan Kepulauan Sangkarrang.

“Muda, berpengalaman berorganisasi tawwa, layak diperjuangkan teruatama milenials,” ucap sahabat dekat Sukriansyah S. Latif ini.

Awaluddin, memilih NasDem karena gerakan perubahan yang diusungnya (dok: istimewa)

Masih ingat Ken? Canny Watae? Penggiat media sosial dan tenar sebagai ‘diehard’ Prabowo Subianto iin ikut maccaleg. 

Canny Watae, pun berbagi kabar jalan politiknya.

“Betul, saya bakal maju untuk DPRD Provinsi dari Dapil Makassar A,” jelasnya. Dia tidak menampik kalau dirinya memang maju melalui Partai Gelora.

Alumni Teknik Unhas itu percaya diri menatap kontestasi Pilkada melalui partai besutan Anis Matta.

Mudzakir Ali Jamil, kolega Canny dari Fakultas Teknik Unhas selain membenarkan informasi itu juga menegaskan kalau diapun maju untuk DPR Ri Dari Dapil 1 Sulawesi Selatan.

Dapil MUDA, begitu sebutannya, mulai dari Makassar, Takalar, Gowa, Jeneponto, Bantaeng, Selayar.

Tomy Satria Yulianto, alumni Fisip Unhas, berpengalaman kerja di NGO internasional serta mantan Bupati Bulukumba disebut juga ikut maju dari Dapil 2 Sulawesi Selatan untuk DPR RI.

‘AnTek’ Canny Watae, maju melalui Partai Gelora untuk DPRD Sulsel dari Dapil A (dok: istimewa)

Informasi itu disampaikan Andi Juharta, kolega Tomy di Bulukumba. “Beliau maju dari Dapil 2 Sulsel untuk DPR RI,” jelas Juharta.

Tomy, adalah saudara Andi Agung Prihatna, salah satu alumni Unhas dari Fakultas MIPA yang terbilang sukses sebagai peneliti dan surveyor Pilkada, Pileg dan Pilpres di Jakarta.

Di Warkop Hometown Kopizone, Syawaluddin Arief, alumni Fisip yang juga alumni Identitas Unhas, mengaku manjadi Bacaleg Gerindra untuk Dapil Kota Makassar.

“Kali ini di Makassar, bukan Luwu Raya,” katanya saat disapa Pelakita.ID.

Masih dari Makassar, putri politisi Golkar, Rahman Pina, yang dokter gigi, Eshin Usami Nur Rahman, disebut maju dari Dapil Manggala-Panakukang.

“Dia maju sebagai representasi wanitaa, representasi pemuda,” jelas ayahnya Rahman Pina di akun FB-nya.

Menurut Rahman, masyarakat butuh wakil yang menyuarakan aspirasi, tangguh, dan hebat.

“Tidak bisa dipungkiri peran perempuan dalam kehidupan sehari-hati adalah mutlak. Dalam menjaga rumah tangga, dalam menjaga generasi-generasi pewaris bangsa ini, dan menjaga keutuhan sebuah rumah tangga,” jelas Rahman.

“Eshin Usami, saya percaya kepadanya untuk menjadi wakil saya di parlemen nanti. Tentunya menjadi penyempurna parlemen sebagaimana peran Wanita di dalam keluarga.  Saya siap berjuang bersama Eci,” sebut Rahman yang saat disapa Pelakita.ID.

Begitulah. Sosodara, masih banyak yang belum tersorot lensa Pelakita.ID. Kita akan sebut mereka lagi pada artikel bagian 3 ya. 

 

Penulis: K. Azis

Related posts