Kawal Geopark Maros-Pangkep, PP IKA Unhas beri penghargaan IKA Geologi Unhas

  • Whatsapp
Pelakita.ID bersama Bupati Maros dan manajer geopark Maros Pangkep yang juga alumni Geologi Unhas Dedy Irfan Bachri (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Pengurus Pusat IKA Unhas di bawah kepemimpinan Andi Amran Sulaiman melalui surat bernomor 027/B/IKA-UH/IV/2023 memberikan penghargaan ke sejumlah nama dan pihak yang ikut andil menginisiasi, mengawal dan mengkoordinasikan penentuan Geopark Maros-Pangkep.

Rammang-rammang, salah satu spot utama di geopark Maros-Pangkep (dok: Pelakita.ID)

Informasi tersebut disebarluaskan pada perayaan HBH IKA Unhas di Bantimutung, Maros, 28 April 2023.

Sebagai informasi, Geopark Maros-Pangkep merupakan salah kandidat yang akan dipilih oleh Unesco sebagai bagian dari Geopark Global.

Bunyi surat tersebut menjelaskan peran IKA Teknik Geologi Unhas.

“Hasil penilaian tim seleksi atas jasanya dalam mendukung penetapan geopark Maros, Pangkep sebagai kawasan Unesco Global Geopark, sebagai insiatis atas adalah IKA Teknik Geologi Unhas.:” Demikiran isi surat tersebut.

Pelakita.ID yang memperoleh salinan surat tersebut memperoleh informasi ada beberapa pihak yang dapat penghargaan.

Pertama, badan atau organisasi yang terlibat yaitu Pemda Maros, Pemda Pangkep, Dinas Kebudayaan dan kepatiwisataan  Sulsel.

Prof Asri Jaya saat menerima tim aseor geopark di Maros (doc: IKA Geologi)

Lalu ada Badan Pengellola Geiprak maros Pangkep, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam BBKSDA Sulsel, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, KPH Bantimurung, Balai Arkeologi Suslel.

Yang kedua, dari jajaran peneliti ada Prof Dr Eng Asri Jaya, M.S, S.T, M.T untuk bidang Geodiversity.

Prof Dr Amran Ahman, M.Sc, untuk bidang biodiversity sementara Drs Iwan Sumantri M.Si, Culture Diversity.

Ketiga bidang tersebut merupakan cakupan aspek yang menjadi ciri ruang lingkup pendirian Geopark sebagaimana menjadi acuan Unesco.

Pihak ketiga adalah Muhammad Ihwan, dari Komunitas Anak Sungai Rammang-Rammang Maros.

Lalu ada Haniah dari Komunitas Sampan Ta’ Maros. Serta Puang Matoa dari Komunitas Bissu Pangkep.

Yang keempat adalah Tim Layanan Kehutanan Masyarakat TKLM Maros, Muchlas Darmawan, S.Hut  dan Sekolah Rakyat  Petani Payo Payo, Karno B. Batiran, S.S, M.Sc.

Sugianto Wahid, Ketua IKA Geologi Unhas, yang juga ikut pada beberapa proses fasillitasi Geopark Maros-Pangkep menyebut penghargaan dari Pengurus Pusat IKA Unhas ini sebagai  hal istimewa dan menbanggakan.

“Tentu saja ini penting, bisa menjelaskan bahwa apa yang kita, alumni, dan organisasi IKA jalankan mendapat kepercayaan dari banyak pihak,” kata Sugianto.

Menurut Sugi, penghargaan untuk IKA Geologi ini tidak lepas dari peran serta sejumlah pihak dan alumni geologi Unhas.

“Pak Zulfan, sebagai ketua IKA sebelumnya punya andil yang sangat besar dalam menghantar pencapaian luar biasa untuk Geopark Maros Pangkep ini,” ujar pria yang akrab disapa Sugi.

Zulfan adalah ketua IKA Geologi periode 2015 sampai 2019, sementara Sugianto Wahid periode 2019 hingga 2023.

“Penghargaan PP IKA Unhas inii menjadi pelecut juga untuk mendorong hal serupa seperti Geopark Gowa hingga Geopark Latimojong, Toraja atau Tana Toraja,” pungkas alumni Teknik Geologi Unhas angkatan 91 ini.

 

Editor: K. Azis

Related posts