Foto-foto dari study tour MAN 2 Model Makassar di Tana Toraja

  • Whatsapp
Study Tour MAN 2 Model Makassar ke Tana Toraja

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Keluarga besar Sekolah Madrasah Aliyah Negeri MAN 2 Model Makassar menggelar study tour ke Tana Toraja tanggal 11 hingga 13 Desember 2022.

Informasi itu disampaikan salah seorang peserta kepada Pelakita.ID bernama Aisya Sofia. Dia juga membagikan beberapa foto yang menurutnya diperoleh setelah mengikuti study tour ini.

Asiya bercerita kalau dia dan sekitar 200-an teman sekolahnya berkunjung ke kawasan Lemo, Londa, Pasar Seni Rantepao dan menginap di Hotel Misiliana.

Read More

Tanggal 11 Desember 2022 peserta menuju Toraja melalui poros Makassar – Enrekang.

Peserta singgah di depan kawasan Gunung Bambapuang. Dari Bambapuang peserta menuju langsung ke Kawasan Lolai. Lolai adalah destinasi wisata yang menyajikan keindahan kabut di ketinggian.

View Lolai (dok: Aisya Sofia)

Tanggal 12 peserta menuju lokasi wisata Londa dan Lemo. Londa adalah objek wisata favorit dari sekian banyak objek wisata yang ada di Toraja, baik Toraja Utara maupun di Tana toraja.

Kawasan Lemo
Kuburan gua di Londa

Londa adalah objek wisata yang banyak dikunjungi pariwisata dan merupakan kawasan makam gua yang berada di bahu bukit. Di dalamnya berisi peti mati, tulang dan tengkorak jenazah yang sudah berumur ratusan tahun.

Sedangkan Lemo, obyek wisata yang berlokasi di Tana Toraja dan dikenal sebagai rumah para arwah. Lokasi Lemo sendiri tidak jauh dari Kota Makale.  “Di tempat ini, para peserta bisa melihat jenazah yang disimpan di ruang terbuka di dinding bukit,” kata Aisya.

Obyek wisata di Lemo

Lemo adalah wujud perpaduan antara ritual kematian, kesenian Toraja dan upacara keagamaan.

Pada tanggal 13 Desember 2022, peserta bersiap kembali ke Makassar melalui Kota Pare-pare.

 

Penulis: K. Azis

 

 

 

Related posts