Berdayakan masyarakat pesisir dan pulau Selayar, Gubernur Sulsel serahkan bantuan senilai Rp 3,5 miliar

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan Pemprov Sulsel kepada nelayan dan masyarakat pesisir Selayar (dok: istimewa)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Masyarakat pesisir dan pulau di Kabupaten Kepulauan Selayar mendapat kado istimewa dari Gubernur Sulawesi Selatan. Bertepatan Hari Ulang Tahun Selayar ke-417.

“Pak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman. menyerahkan sejumlah bantuan kepada kelompok nelayan dan warga pesisir di Selayar,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Muhammad Ilyas kepada Pelakita.ID, Sabtu, 26/11/2022.

“Bantuan itu diserahkan di tengah pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, dalam rangka 417 Tahun Kabupaten Kepulauan Selayar di Ruang Pola Kantor Bupati Kepulauan Selayar,” kata Ilyas.

Read More

Menurutnya, bantuan untuk kelompok nelayan itu adalah 1 unit kapal purseine berbobot 25 groston, 3 unit kapal bagang atau liftnet masing-masing 15 groston, lalu ada 2 unit perahu Pokmaswas.  “Total bantuannya sekitar Rp 3,5 miliar,” sebut Ilyas.

Ilyas yang hadir pada penyerahan bantuan itu mengungkapkan, harapan Gubernur Sulsel Andi Sudirman agar bantuan ini bisa meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir terutama nelayan penerima.

Selain itu, beberapa bantuan yang juga ikut diiberikan adalah tambatan perahu, sarana dan prasarana usaha garam rakyat.

“Kita juga memberikan bantuan artificial reef dan apartemen ikan untuk masyarakat pesisir dan pula di Selayar,” ungkap Ilyas.

Tak hanya itu, Ilyas menyebut, demi menjaga ekosistem di kepulauan selayar terus dilakukan melalui penanaman mangrove.

“Pemprov juga telah melakukan penanaman pohon bakau sebanyak 95.840 batang di Kabupaten Kepulauan Selayar,” ungkapnya.

Editor: K. Azis

Related posts