Pimpinan dan para kepala bidang LPM silaturahim dengan UPPS lingkup UMI

  • Whatsapp
Silaturahmi dengan keluarga Program Studi Ilmu Kedokteran UMI (dok: istimewa)

PELAKITA.ID – Dalam rangka penguatan sinergitas pelaksanaan penjaminan mutu lingkup Universitas Muslim Indonesia, pimpinan dan para kepala bidang LPM UMI melaksanakan silaturahim dengan pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) lingkup UMI.

Silaturahmi yang dijadwalkan selama sepekan ini, setiap harinya mengunjungi tiga fakultas yang diawali dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Ilmu Komputer pada hari senin, 25 Juli  2022.

Silaturahim pada setiap UPPS dihadiri Direktur Pascasarjana/Dekan fakultas beserta wakil direktur/dekan, para ketua program studi, Pengendali Sistem Mutu Fakultas/Pascasarjana (PSMF/P), Kepala Laboratorium dan Kepala Tata Usaha (KTU) yang merupakan motor penggerak dan ujung tombak penjaminan mutu di UPPS.

Ketua LPM UMI Ir. Syamsuddin Yani, PhD., IPM., ASEANEng. yang baru saja diberi amanah dalam setiap kesempatan, menyampaikan bahwa program silaturrahim ini merupakan program pertama yang dilakukan oleh LPM sejak diberikan amanah Tanggal 11 Juli 2022.

“Program ini merupakan bagian dari prinsip manajeman jamaan yang dicanangkan Rektor Universitas Muslim Indonesia Prof. Dr. H. Basri Modding, M.Si,” katanya.

Silaturahmi ke Fakultas Hukum UMI (dok: istimewa)

“Dengan silaturrahmi antara pimpinan LPM-UMI dan Pimpinan UPPS dalam lingkup UMI diharapkan akan memperkuat barisan jamaan sebagai modal utama dalam peningkatan mutu pada setiap UPPS yang menjadi penentu mutu institusi,” jelasnya.

Menurutnya, adanya perubahan demi perubahan dalam paradigma akreditasi yang saat ini tidak dapat dihindari menuntut semua pihak untuk memahami tugas, peran dan tanggungjawabnya.

“Jika selama ini tanggung jawab pengusulan dokumen akreditasi ada pada ketua atau koordinator Program Studi maka saat ini beralih menjadi tanggungjawab Pimpinan Unit Pengelola Program Studi, terjadinya pergeseran paradigma dalam akreditasi dari input-process based ke output-outcome based,” terangnya.

Outcome based accreditation yang dimaksud pada APS adalah luaran dan capaian pendidikan terkait mahasiswa dan lulusan, dan perubahan tugas pengusul akreditasi, dari mengisi borang ke melakukan evaluasi diri yang terkait dengan pengembangan unit pengelola program studi dan program studi,” tambahnya.

Silaturahmi dengan keluarga Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI (dok: istimewa)

Sekretaris LPM UMI periode 2022-2026 yang dilantik tanggal 11 Juli lalu Dr. Ir. Ayu Parawansa memaparkan status akreditasi institusi dan program studi lingkup UMI.

“Kami berharap agar senantiasa menjadi perhatian bersama terutama program studi yang masa akreditasinya sebentar lagi akan berakhir, untuk mengantisipasinya dengan segera menyusun evaluasi diri dan LKPS,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang LPM masing-masing menyampaikan terkait bidang kerjanya, Dr. Fatmah Afrianty Gobel menyampaikan terkait Urgensi Audit Mutu Internal, Dr. Fairus P. Idris materinya tentang Penerapan Sistem penjaminan Mutu Internal (SPMI) dalam Lingkup UMI  dan Dedy Atmajaya, M.Eng memaparkan tentang sistem informasi teknologi yang telah dikembangkan dalam menunjang setiap program kerja lembaga Penjaminan Mutu UMI.

Syamsuddin Yani berharap, dengan silaturahim ini dapat menampung aspirasi dari pihak UPPS dan menjalin komunikasi  yang lebih intens dalam membangun sinergitas untuk mensukseskan program kerja LPM yang akan dirumuskan dalam masa kepemimpinannya.

 

Editor: K. Azis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *