PPMU-PKM LP2M Unhas tingkatkan kapasitas daya saing UMK di Pallangga Gowa

  • Whatsapp
PMU-PKM LP2M Unhas bersama peeserta pelatihan UMK di Kelurahan Tetebatu, Pallangga, Gowa (dok: Program Kemitraan Masyarakat  (PPMU – PKM) LP2M UNHAS)

DPRD Makassar

PELAKITA.ID – Program Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Hasanuddin – Program Kemitraan Masyarakat  (PPMU – PKM) LP2M UNHAS bekerjasama  Pemkab Gowa telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertema Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro dan Kecil Melalui Digital Marketing di Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa. 
Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 22 Juli 2022 di Kantor Lurah Tetebatu Kecamatan Palangga. Peserta terdiri dari 25 orang  pelaku UMK yang tersebar di Kecamatan Palangga Kabupaten Gowa.
Pelaksana Tim PKM FEB Unhas ini diketuai Dr. Retno Fitrianti, SE, M.Si, dengan anggota tim dosen yakni Dr. Fatmawati, SE, M,S; Dr. Wahda, SE, M.Si, M.Pd; Mirzalina Zaenal, SE, M.SE, Insani Fitri Nurqamar, SE, MM; dan Daniella Chintia S, SE, M.Sc serta dua orang mahasiswa FEB Unhas.
Kegiatan ini dibuka oleh Lurah Tetebatu bapak Rustam Siddik, SE, M.Si yang dalam sambutannya mengatakan pentingnya kegiatan ini agar pelaku UMK di Kecamatan Palangga mampu meningkatkan keterampilan dalam memasarkan produk mereka melalui Digital Marketing.
Suasana pelaksanaan pelatihan bagi UMK di Tetebatu, Pallangga Gowa (dok: Program Kemitraan Masyarakat  (PPMU – PKM) LP2M UNHAS)
“Pelatihan ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu strategi dalam peningkatan daya saing UMK di Kecamatan Palangga yang selama ini belum banyak diaplikasikan,’ ucap Rustam.
Kegiatan ini mendapat respon positif dari peserta, ibu Indah salah satu peserta mengatakan bahwa selama ini mereka menjual produk secara tradisional dan belum menjangkau konsumen di luar kecamatan Palangga.
“Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diberikan oleh Tim PKM Unhas kami berharap dapat menjangkau konsumen empek-empek produksi kami secara luas,” katanya.
Materi yang dipaparkan adalah pengetahuan dan keterampilan dalam Digital Marketing berupa cara menjual di Market Place pada Facebook, dan Media Sosial (Facebook, Instagram, Tiktok) serta di E-Commers (Shopee dan Tokopedia) juga pada aplikasi Gobiz.
“Sebagai ketua tim, kami berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi para pelaku UMK agar dapat menjangkau konsumen lebih luas sehingga penjualan dapat meningkat,” pungkas Retno Fitrianti.

Related posts