Laksamana Rahmat Eko, Alumni Kelautan Unhas di tubuh Pangkogabwilhan 2

  • Whatsapp
Pelakita.ID bersama Laksamana (Pertama) Rahmat Eko Rahardjo, S.T, M. Tr (Han)

PELAKITA.ID – Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II atau Kogabwilhan II merupakan komando utama operasi, satuan baru yang langsung berada di bawah komando Panglima TNI. Pembentukan Kogabwilhan itu berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang Pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer.

Pelakita.ID bersua salah satu alumni, atau yang berhasil mendapat ijazah Sarjana Ilmu dan Teknologi Kelautan bertahun 1995 dan dia adalah salah satu perwira tinggi di Pangkogabwilhan 2 itu. Sosok itu, adalah Laksamana (Pertama) Rahmat Eko Rahardjo, S.T, M.Tr (Han).

Pria yang merupakan alumni Akademi Angkatan Laut angkatan 1989 tersebut masuk studi di Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) pada tahun 1992, sekarang Ilmu Kelautan atau bagian dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas.

Read More

Bersama mahasiswa Kelautan saat itu, dia belajar beragam ilmu seperti instumentasi laut, metereologi laut, hidrodinamika, instrumentasi laut hingga budidaya laut.

Unhas saat itu memperoleh dukungan dari Asian Development Bank (ADB) melalui Marine Science Education Project untuk mengembangkan program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan bersama enam perguruan tinggi lainnya yaitu Unstrat Manado, Pattimura Ambon, Unri, Riau  IPB Bogor dan Undip Semarang.

“Saya masuk kuliah tugas belajar tahun 1992, tamat kuliah tahun 1995,” katanya saat ditemui Pelakita.ID di Lapangan Tenis Hasanuddin, Kota Makassar, 17 Juli 2022.

Laksamana Pertama atau Jenderal bintang satu tersebut datang sebagai Asisten Perencanaan (Asrena) Pangkogabwilhan 2 mendampingi Panglima Pangkogabwilhan 2, Marsekal Madya TNI, Imran Baidirus, S.H.

Jenderal Eko mengaku masih ingat beberapa kawan kuliahnya terutama dari angkatan 88 hingga 90. Dia menyebut nama seperti Nazruddin, Acil Yassir Tahir hingga Iqbal Burhanuddin. “Titip salam buat kawan-kawan Kelautan Unhas ya,” ucapnya.

Pria kelahiran Magelang tahun 1967 tersebut mengaku mendapat banyak pengalaman dan pengetahuan kampus antara tahun 1992 hingga 1995. “Saya ingat persis kalau saat itu kita diajar Prof Jamaluddin Jompa,” ucapnya.

Selama kuliah di Unhas, saat itu pangkatnya Letnan Satu. Dia tugas belajar bersama satu orang perwira lainnya bernama Letda Rudin Alamsyah asal Surabaya.

Laksamana Pertama, Rahmat Eko Rahardjo pernah bertugas di Lantamal IV Makassar, sebelum bertugas di Bakamla Jakarta. Di Makassar, dia tinggal di Kompleks Perwira Angkatan Laut di Jalan Ratulangi dan beberapa kali mengajak alumni Kelautan Unhas untuk datang silaturahmi.

“Ini sudah masuk tahun kedua bertugas di Pangkogabwilhan 2. Untuk saat ini kami masih bermarkas di Jakarta. Markas Pangkogabwilhan 2 sedang dibangun di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Saat ditemui, Laksamana Eko menyampaikan ucapan selamat kepada mantan dosennya. Prof Jamaluddin Jompa. “Selamat untuk Prof Jamal yang saat ini menjabat Rektor Unhas, dosen yang saya masih ingat persis,” ucapnya.

Program Studi Ilmu dan Teknologi Kelautan Unhas sejak berdiri tahun 1988 mempunyai pengalaman kerjasama dengan Angkatan Laut di Makassar, di Lantamal IV, beberapa mahssiswa belajar selam di tempat latihan Angkatan Laut dan mendapat sertifikat penyelaman.

Kemampuan menyelam tersebut merupakan bekal penting dalam melaksanakan riset bawah laut, survey kedalaman dan rescue.

“Saya sendiri belajar bagaimana konservasi, bagaiman perntingnya perlindungan laut sisi keamanan negara,” pungkas Laksamana (Pertama) Rahmat Eko Rahadjo, S.T, M.Tr (Han) yang juga alumni Universitas Pertahanan ini.

 

Editor: K. Azis

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *